Sabtu, 22 Maret 2014

Makeup untuk Sekolah

Hai!

Kali ini saya ingin share tentang pilihan makeup untuk remaja alias ABG meskipun saya udah nggak masuk golongan itu lagi hehehe.. Harapannya sih ini bisa bermanfaat buat adik-adik yang sedang suka merawat diri. 


Sekolah memang nomor satu, tapi penampilan harus tetap dijaga. Jangan seperti saya, waktu sekolah cuma mementingkan belajar tapi nggak ngurus muka. Cewek itu harusnya punya keseimbangan, nggak hanya hati & otak saja yang unggul - sebisa mungkin penampilan juga dirawat agar selalu menarik. Kalo nggak gitu nanti menyesal beberapa tahun kemudian *ehm pengalaman pribadi*


Banyak orang mengecam remaja putri yang ingin pakai makeup ke sekolah. 
"Mau sekolah apa kondangan?"
"Pelajar itu nggak usah pake makeup, kayak emak-emak"
"Belajar dulu yang bener, jangan kayak anak sekolah di sinetron"

Girls, makeup untuk ke sekolah bukan makeup yang selebay itu. Jelas itu nggak cocok jika diterapkan di sekolah kalian, bisa-bisa kena hukuman dari guru. Makeup untuk sekolah adalah yang minimalis, sekedar untuk membuat wajah terlihat segar sekaligus terlindungi dari dampak negatif sinar matahari. Begini langkah-langkahnya

1. Mulai dengan pelembab



Pakai pelembab sesuai jenis kulit. Jika kulitmu berminyak, pilih pelembab yang berbentuk lotion ringan / gel dan oil-free. Jika kulitmu kering, pakai yang krim. Pelembab penting untuk menjaga keseimbangan air & minyak pada kulit. Bahkan kulit berminyak sangat butuh pelembab, terutama yang dapat mengontrol minyak. Berikut ini adalah contoh beberapa merek moisturizer dengan formula ringan. Merek-merek seperti Pond's, Garnier, Citra Hazeline, Fair n Lovely dsb. saya rasa juga tidak masalah untuk remaja usia SMA, namun untuk kulit anak SMP mungkin agak berat --> berdasarkan pengalaman adik-adiknya temen saya
Red-A, brand lokal kosmetik remaja. Moisturizernya mengandung red algae (ganggang merah), vitamin E sebagai antioksidan, provitamin B6 untuk regenerasi sel kulit, dan UV filter

Clean n Clear essential moisturiser yang formulanya oil-free. Ringan untuk kulit berminyak, menurut deskripsi di kemasannya dapat membantu mencegah jerawat & komedo

Clean n Clear fairness moisturizer, formulanya juga ringan & bebas minyak untuk remaja belasan tahun yang ingin mencerahkan kulit. Dilengkapi SPF 15 sebagai UV filter.

Mustika Puteri Silky White Tinted Moisturizer. Moisturizer ini memberi warna alami pada kulit, bisa meratakan warna kulit dengan coverage yang sheer. Tidak berat seperti foundation dan tetap natural untuk dipakai sehari-hari ke sekolah. Diklaim bisa mencerahkan kulit. Saya pernah mereviewnya di sini

2. Sunblock/sunscreen

Untuk kalian yang sering kegiatan di luar ruang, misalnya ikut ekskul olahraga & paskibra, pastinya butuh perlindungan ekstra untuk kulit. Sinar ultraviolet itu nggak hanya menyebabkan kulit gelap. Biasanya kan cewek-cewek takut kulitnya tambah gelap, hehe.. Sinar UV yang menyebabkan kulit gelap adalah UV B. Yang lebih bahaya adalah sinar UV A karena meresap lebih dalam ke kulit, merusak sel-sel kulit sehingga kulit menjadi kusam & terjadi penuaan dini. Karena sel-sel rusak, kulit juga rentan terkena masalah, misalnya jerawat yang sulit sembuh & meninggalkan bekas berupa noda & scar. Nah makanya sunblock itu penting banget.

Banyak konsumen yang memilih sunblock dengan angka SPF yang tinggi. Sebenarnya berapapun SPF yang dikandung suatu produk, efisiensinya tidak jauh beda dan semuanya harus diulangi pemakaiannya saat aktivitas outdoor yang tepapar sinar matahari terik. Semakin tinggi SPF, semakin banyak kandungan bahan kimianya (baca di sini )

Ini contoh sunblock yang ringan untuk remaja. 

Parasol ungu yang sedikit kandungan bahan kimianya. Mudah ditemukan di berbagai apotik

 
Skin Aqua UV moisture gel untuk kulit normal-berminyak, UV mild milk untuk kulit kering-sensitif. Tidak hanya berfungsi sebagai sunblock, Skin Aqua juga bisa berfungsi sebagai pelembab. 

Acnes UV Tint. Selain sebagai sunblock, juga berfungsi untuk perawatan kulit wajah yang berminyak dan berjerawat. Sebagai tinted moisturizer juga. Serba guna ya? Pernah saya review di sini

3. Bedak

Pilih bedak sesuai jenis kulit. Kulit berminyak sebaiknya memakai loose powder, hindari two way cake karena selain berat juga mengandung banyak minyak yang membuat kulitmu "tidak bebas bernafas".  

Bedak Marck's, bedak sejuta umat. Sangat ringan di kulit, oil control bagus, baik untuk kulit berjerawat karena mengandung asam salisilat. Saat awal pemakaian memang terlihat putih tetapi lama-lama menyatu dengan warna kulit wajah. Tidak tahan lama, dalam beberapa jam wajah sudah terlihat kucel lagi. 

Pigeon Translucent Loose Powder with Squalane
Pigeon compact powder, formulanya lembut. Dilengkapi jojoba oil dan squalane yang menjaga kelembaban wajah, serta chamomile sebagai anti iritasi. Cocok untuk kulit normal-kering. Sama seperti loose powder lainnya, bedak ini juga tidak tahan lama di wajah.

Mustika Puteri. Ada beberapa pilihan warna sesuai warna kulit orang Indonesia sehingga tidak perlu takut terlihat terlalu putih saat memakainya. Oil control biasa saja & tidak awet juga.

Jika ingin bedak yang praktis dan bisa dibawa kemana-mana tanpa takut tumpah, kamu bisa memilih compact powder, terutama jika kulit tidak terlalu bermasalah. 

Pigeon compact powder. Banyak review yang bilang bagus. Pilihan warnanya terbatas, agak kurang masuk untuk kulit Indonesia tetapi lama-lama menyatu dengan warna kulit. Kurang awet & oil control biasa saja, mengandung mineral oil sehingga kurang cocok untuk pemilik kulit berminyak.

 
Mustika Puteri. Kemasannya sungguh menarik untuk kamu yang suka warna pink

Mustika Puteri Silky White compact powder dilengkapi whitening complex dan UV filter untuk menjaga kulit wajah tetap cerah

Acnes compact powder, bedak padat untuk kulit berjerawat. Mengandung antibakteri, anti UV, dan anti iritasi. Oil control biasa saja, coverage cukup baik. Untuk kamu yang benci bau sulfur siap-siap tahan nafas, hehe..

3. Sunscreen Lip balm

Tidak hanya wajah, bibir pun perlu dilindungi dari sinar UV. Jika peraturan sekolahmu benar-benar ketat bahkan pakai tinted lip balm saja tidak diperbolehkan *pengalaman pribadi lagi*, mau nggak mau kamu hanya bisa pakai lip balm transparan. 

Nivea Med Protection, sangat melembabkan & mengandung anti iritasi (bisabolol). Tidak berwarna, mengandung SPF 15

Maybelline Baby Lips yang tidak berwarna. Mengandung SPF 20. Wangi buah-buahan yang segar. Kelembabannya tahan lama.

Banana boat SPF 30. Tidak berwarna, aroma pisang. Waterproof, asik untuk dibawa renang. Saya dulu pernah punya. Tidak terlalu melembabkan, justru agak kering & tebal di bibir.

Lip Ice, sekarang kemasannya baru & ditambah yoghurt sehingga lebih lembab. SPF 15, tidak berwarna, dan ada beberapa pilihan wangi buah (mango, strawberry, lychee, blackcurrant, apple, lemon, cherry). Mengandung menthol, cocok buat kamu yang suka sensasi pedes-sejuk di bibir.

4. Tinted Lip Balm

Pilihlah lip balm yang warnanya soft dan sudah mengandung sunscreen. Berikut ini lip balm yang recommended

Nivea Fruity Shine. Mengandung SPF 10, warnanya natural di bibir, ada shimmer. Lembab di bibir tapi terasa ringan

Maybelline Lip Smooth Color & Care. Mengandung SPF 16. Kelembabannya tahan lama, tetapi agak terasa tebal di bibir (menurut saya). Warnanya juga cantik & non shimmer

Viva Chic On Lips. Produk baru dari Viva, sudah pernah saya review di sini
Ada UV filter, warna soft, sedikit shimmer, dan ada sensasi menthol

Itu saja sudah cukup untuk ke sekolah tanpa terlihat berlebihan. Cocok untuk anak SMP maupun SMA. Jika aturan di sekolah lebih longgar, wah bisa lebih leluasa lagi menentukan pilihan, hehe.. Kamu bisa pake ini untuk ke sekolah :

BB Cream

Pasti semua udah tau ya, BB cream itu all-in-one cream. Mengandung pelembab + sunscreen + foundation dalam 1 produk. Apakah ini sesuai untuk kulit remaja? Hmm.. saya nggak berani menjawab. Kenyataannya memang banyak remaja yang pake dan kulitnya baik-baik saja.

Yang jelas BB cream jauh lebih ringan daripada foundation cream. Saya bandingkan dengan foundation cream, karena kenyataannya banyak liquid foundation yang lebih ringan dari BB cream. 

Beberapa BB cream punya coverage yang menyamai foundation. Hmm.. ada adiknya temen saya yang cerita, dia pake BB cream ke sekolah. Coveragenya mantap, sampai ditegur guru karena dianggap berlebihan. Akhirnya dia cuma berani pake bedak padat.

BB cream dari berbagai merek. Merek-merek Korea banyak jadi favorit karena tekturnya yang mudah diblend dan ringan, coveragenya yang oke, staying power bagus, dan hasilnya yang natural

Lip Gloss

Lip gloss memberi kesan basah yang menggoda, makanya itu banyak sekolah melarang siswinya memakai lipgloss? Hehe.. Untuk remaja, pilihlah warna yang natural & soft.

Lip Ice. Ada UV filter, warnanya nuansa pink yang tidak lebay untuk remaja. Ada shimmer yang halus. Nggak terlalu lengket juga.

Nivea Glamorous Gloss. Mengandung SPF 15. Warnanya nuansa pink juga dan rasa buah.Tidak lengket, ada shimmer.

Maybelline fruity jelly lip gloss. Macam-macam wangi buah. Tidak ada shimmer hanya memberi kesan basah & warna alami di bibir. Lumayan lengket menurut saya.

Lip Tint

Lip tint sekarang sedang ngetrend. Untuk ke sekolah jangan pilih warna yang berani seperti merah/ oranye terang/ pink cerah. Pilihlah warna yang soft seperti baby pink atau peach, atau disesuaikan warna kulitmu.

Etude House Fresh Cherry Tint punya warna yang natural & tidak bikin bibir kering

Blush On

Untuk membuat pipi merona sehat, bisa pakai blush on yang warnanya lembut. Cara memakai blush on yaitu sambil tersenyum karena apple cheek akan terlihat. Blush on disapukan tipis-tipis di bagian yang menonjol (apple cheek) tersebut. Blush on yang cocok untuk remaja yaitu:

Red-A, salah satu produk lokal Indonesia yang memang menyediakan kosmetik untuk remaja. Warnanya bagus-bagus, sayang ada shimmernya. Saya juga punya blush on Red A, pernah saya review di sini

Face on Face, yang masih 1 produksi dengan Lip Ice. Ada 2 pilihan warna blush on yang lembut & natural, tanpa shimmer. Diperkaya hyaluronic acid untuk menjaga kelembaban kulit. Saya suka blush on ini kelihatan soft banget di pipi.

Maskara

Siapa yang tidak mau bulu mata lentik dan tebal? Maskara bisa dipakai setelah menjepit bulu mata dengan eyelash curler. Sebenarnya terlalu sering menjepit bulu mata itu tidak baik lho, karena bisa membuat bulu mata mudah rontok. Bisa juga memakai maskara tanpa menjepit bulu mata dulu, malah hasilnya tidak terlalu berlebihan. Jika kamu ingin maskara yang cocok untuk remaja, ini dia

Kluge transparent mascara dari Sophie Martin. Tidak ada warnanya, dijamin tidak kelihatan kalo kamu sedang memakai maskara. Saya pernah mereview maskara ini di sini

Ini maskara hitam dari Pixy, merek lokal juga. Sifatnya waterproof. Warnanya pekat, efek menebalkannya lumayan, tapi tidak dramatis seperti maskara Maybelline. Cocok untuk remaja maupun pemula. 

Nah itu saja.. Saya tidak menyebut eyeliner, lipstik, dan lain-lain karena itu terlalu kelihatan untuk dipakai ke sekolah, bisa dipakai untuk saat-saat santai.

Udah dulu ya.. makasih udah membaca post ini!


257 komentar:

  1. lengkap bgt penjelasannya! makasih ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2.. makasih udah mampir ke blogku

      Hapus
  2. pake lipgloss ke skul kykny trll berlebihan deh,, blink2 bgtu......
    dlu ak suka lip ice sheer color,, ada wrnanya tp ga keliatan bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. glitter & kesan basah-lengketnya itu yg bikin aneh ya? mending tinted lip balm deh menurutku. aku pake lip ice malah pas udah kuliah, jaman sekolah buta makeup sama sekali hehe..

      Hapus
  3. kalau ke sekolah biar nggak kelihatan lebay bagusnya pakai lip gloss atau lip tint?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lip tint aja.. keliatan natural asalkan pilih yg warna soft & pakenya tipis2

      Hapus
  4. kakak blognya keren banget siiih, aku sukaaa!!!

    BalasHapus
  5. Kak aku pake lipgloss kok lama lama malah kering bibir aku. Kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lipglossnya banyak glitternya? kalo banyak glitter biasanya malah agak kering di bibir..

      Hapus
  6. Kak boleh ngga kalo citra hazeline yang kuning di jadiin base buat bb cream ? Makasi ☺

    BalasHapus
  7. Kak boleh ngga citra hazeline spotless white glow uv di jadiin base buat bb cream ? Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh kok kalo cocok..
      aku googling ingredientsnya ada ethylhexyl methoxycinnamate (sunscreen anti UV B), krim yg ada bahan itu biasanya sih bagus buat makeup base

      Hapus
  8. pelembab c n c biasa itu lembab g si? kulitku kering hhee tp ga kering bgt si

    BalasHapus
    Balasan
    1. c n c cocoknya untuk kulit normal-oily, kalo kulit kering nggak mempan, apalagi kalo super kering kayak aku hehehe..

      Hapus
  9. kak pelembab buat cewe yang bagus itu yang bagaimana?? :-)
    contoh.a kaya merk apa?? makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tergantung jenis kulitnya. kalo kulit berminyak, harus yg ada oil free (misal clean n clear).
      kulit kering pelembabnya yg ada oilnya, tapi kalo bisa yg natural oil (misal olive, jojoba, sunflower) misalnya natur E face cream.
      kulit sensitif cari yg ada anti iritasinya (chamomile, bisabolol) misal pigeon moisturizer. kulit sensitif & acne prone hindari pelembab yg ada whitening

      Hapus
  10. kak mau nanya dehh,kalo pelembab yang cocok buat anak usia 14 tahun itu pake apa yaa? makasihka

    BalasHapus
    Balasan
    1. clean n clear, pigeon. ringan di kulit
      yg kayak garnier, ponds terlalu berat ingredientsnya.. anak 14 tahun juga jangan pakai krim pemutih dulu

      Hapus
  11. Makasih infonya, tapi biar bedak tahan lama gimana ya?kadang belum sampe sekolah udah luntur, kumus kumus gitu;( ada saran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2..
      oh itu tergantung skincare yg dipakai sebelum bedak. pilih pelembab yg controlnya bagus, bedak jadi nggak mudah luntur (walaupun bedaknya ilang, muka tetep nggak kucel). kalo perlu, sebelum pelembab pakai toner yg bisa mengontrol minyak

      tergantung bedaknya juga. bedak yg oxidize bikin muka kucel karena bedaknya menggelap saat kena udara. bedak yg nggak bakal oxidize itu biasanya bedak tabur yg translucent alias no coverage. bedak padat sebenernya juga banyak yg nggak oxidize

      Hapus
  12. kak kalo buat anak umur 14 tahun , toner sama pelembab wajah yang cocok merek apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba merek mustika puteri, formulanya mild buat remaja

      Hapus
  13. Produk perawatan citra bagus ga buat umur 14 tahun? Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada yg cocok, ada yg enggak.. tapi katanya citra lebih ringan dari beberapa merek lain (pond's, garnier, olay). kalo ringan berarti cukup bagus buat remaja

      Hapus
  14. Kak, foundation yg cocok untuk kulit berminyak dan untuk umur 14 tahun yg natural itu merk apa ya kak ? Mohon jawabannya thank's :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oriflame very me smoothie foundation, ringan tapi buat kulit berminyak tahan cuma 2-4 jam.
      yg merek lokal & teksturnya ringan : alas bedak tasik kemuning mustika ratu, pilih yg untuk kulit berminyak (soalnya ada juga yg untuk kulit kering)

      Hapus
  15. Kak ak pake bb cream dr oriflam cocok gak sih bwt anak sma

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh sih, asal jangan tiap hari, dan membersihkannya harus cermat (pakai milk cleanser& toner/cleansing oil) dilanjutkan facial wash
      bb cream itu tetap termasuk makeup berat, meskipun banyak brand yg mengklaim bb creamnya ringan

      cocok/nggak cocok bukan masalah umur, tapi masalah ingredientsnya bisa diterima kulit kamu atau enggak

      Hapus
  16. Pasjel itu aman ga sih kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasjel terdaftar di Thai FDA (BPOM disana) tapi belum di-approved.

      infonya bisa dicari disini
      http://fdaolap.fda.moph.go.th/logistics/cosmetic/CSerch.asp?id=cos&rad_status=0&consumer=0

      aku juga nggak ngerti bahasanya, tapi pakai bantuan google translate

      hasil browsing, no registrasi pasjel itu begini
      Pasjel Orange: 10-1-5638001
      Pasjel Green: 10-1-5628196
      Pasjel Purple: 10-1-5615875
      Pasjel Yellow: 10-1-5615517
      Pasjel Pink: 10-1-5615519
      Pasjel Blue: 10-1-5615518

      klik link search yg ke-3, masukkan nomor produk. ternyata TIDAK DITEMUKAN. nah.. bisa menyimpulkan sendiri aman/tidak?

      Hapus
  17. Kak ak mw tanya compact powder sm moiturizer yg cocok untuk remaja it ap y kak ap lgi muka ak berjerawat klo berminyak sih nggak terlalu sbelumnya mkasih yy kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg pasti hindari segala macam skincare & bedak yg ada whitening karena whitening musuh besar bagi kulit yg berjerawat.

      pelembab harusnya yg udah ada sunscreennya tapi masalahnya di indonesia pelembab dengan sunscreen adalah yg varian whitening.solusinya coba sunscreen yg berfungsi sbg pelembab & skincare. misalnya acnes uv tint. untuk malam bebaskan kulit dari krim pelembab, tapi pakai toner boleh.

      bedaknya yg tabur (misal marcks) atau bedak padat yg khusus jerawat (misal acnes, bless). jangan two way cake/bedak padat yg tidak dikhususkan untuk jerawat

      Hapus
  18. Andai aja post ini udah ada waktu aku masih sekolah alias 10 tahun yang lalu...hahaha
    Aku suka posts kamu, Lintang. Informatif sekali.
    Kamu orang Semarang toh?
    Salam kenal yaa :) and stay humble :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. aku juga berharap jaman sekolah dulu baca yg kayak gini. aku waktu sekolah kucel, lecek & kumal
      makasih yaa..
      iya, aku orang semarang
      salam kenal juga, makasih udah mampir ke blogku..

      Hapus
    2. Samaa... kalau ngelihat foto-foto zaman sekolah beda banget sama sekarang xD Kenal makeup juga pas udah kerja xD

      Sama2 :) Ah aku apalin mukanya ah, biar kalau kapan2 ketemu bisa nyapa :P

      Hapus
    3. soalnya waktu sekolah nggak ada yg kasih inspirasi & pengarahan untuk merawat diri..
      orang semarang juga ya? hehehe.. iya, ntar nyapa aja kalo ketemu

      Hapus
    4. Iya aku orang Semarang juga :)
      Oke, nanti pasti aku sapa...kalau (bisa) ketemu xD

      Hapus
  19. Kak, aku umur 17th. Mau cerita dikit nih, dulu aku sempet pake skincare dr dokter ungaran dr umur 14/15 karena dulu jerawatan parah. Alhasil sekarang kulit jadi bersih sih, tapi kmrn mikir2 takut kalo nnti ketergantungan. Sekarang udah stop pake toner, sabun muka, krim malam&pagi, nah aku facial wash pake yg dr pigeon baru 2minggu... yaa aman2 aja sih ampe skrng. Trs skrng karena agak takut mau pake pelembab dr pigeon dan bedak aku pake marcks pengen beralih ke pigeon juga. Kira2 yg aman ga? dan bedaknya yg mana?
    Satu lagi kak, buat pembersih muka aku masih bingung pengganti toner aku yg biasa aku pake. Thankyou yaaa, maaf kalo banyak nanya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. pelembab pigeon ringan, tapi nggak recommended kalo kamu pernah mengalami kejadian buruk gara2 mineral oil.

      bedaknya yg loose powder aja (yg kotak kemasannya ijo). yg padat juga nggak apa2, ingredientsnya sama dengan yg loose. bahkan ingredientsnya mirip baby powder pigeon (hanya dikasih warna & ada perbedaan di %nya)

      tonernya pilih yg bebas alkohol supaya nggak bikin iritasi. misalnya merek wardah (bukan yg lightening). pixy ada cleansing express yg bebas alkohol juga, bukan toner sih tapi cleanser berbentuk cair, pilih yg ijo (untuk kulit acne prone).
      sama2..

      Hapus
    2. kalo aku pake pelembab pigeon terus bedaknya ambil maybelline yg white superfresh kira2 gimana kak? soalnya selama bbrp minggu ini aku pake BBC maybelline yg biasa aku pake acara2 aja, eh aku pake sekolah, pulangnya kucel bngt di muka, aku tambah item juga pdhl kan bbc ada spf 24 nya..
      Makasih banyak kak hehe :D

      Hapus
    3. bb creamnya oxidize tuh, kesannya kulit jadi tambah gelap & kucel tapi kalo udah cuci muka balik ke normal lagi.

      ya, coba aja pigeon mosturizer+bedak maybelline white super fresh. pigeon nggak bikin oxidize. bedak maybelline juga katanya nggak oxidize tapi ada white cast (muka keliatan putih, apalagi kalo kena cahaya). white cast wajar sih soalnya SPFnya tinggi

      Hapus
    4. oke kak, aku coba dulu, big thanks kakak cantik :))

      Hapus
    5. selamat mencoba ya.. sama2

      Hapus
  20. Kak, mau tanya. Aku masih sma 16 thn, kulitku berminyak+berjerawat. 1 thn lalu aku sempet konsultasi ke klinik skincare trs jerawatku sembuh. Tapi walau gt kulitku tetep berminyak dan kusam. Ekskulku paskibra, dan disekolah kalo udh masuk siang hr kusam+minyaknya keliatan bgt. Mama saranin pake whitening krim dan aku coba tp malah kulitku jerawatan lagi. Kulitku emang sensitif bgt kak walaupun pake makeup ringan kebesokannya muncul jerawat meskipun udh dibersihin smp ga tersisa makeupnya. Udh gt aku baca dikomentar kakak katanya whitening itu musuhnya jerawat. Ada solusi ga kak buat aku? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. umur segitu memang pengaruh hormon ya..
      betul, jangan pakai whitening, bikin jerawat susah sembuh.
      pelembab bentuk cream itu terlalu berat buat kulit remaja yg berminyak & berjerawat.

      whitening cream itu nggak perlu. yg lebih penting itu sunblock yg berfungsi sebagai pelembab. coba acnes UV tint, spf nya 30 cocok buat kegiatan ekskul kamu. sunblock ini ada kandungan skincare antijerawatnya & oil controlnya bagus. ada warnanya juga, jadi kayak pakai bedak.

      sebelum tidur nggak usah pakai cream malam, pakai toner aja, misalnya mau pakai pelembab pilih yg wujudnya lotion/gel/serum & tanpa sunscreen.

      Hapus
  21. kak mau tanya nih..wajah aku biasanya nggak cocok kalo pake bedak dewasa, pake cream kayak garnier atau pond's juga.. setiap habis pakai jerawat aku bermunculan. jadi aku pakai cream bayi, bedak bayi. aku takut kak, kalau sampai dewasa nanti aku masih memakai bedak, sabun muka, dan cream bayi. Tapi sekarang aku pakai sabun muka susu domba. solusinya apa ya kak? terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pakai skincare itu harusnya memperhatikan cocok/tidaknya dengan ingredients, bukan masalah ini kosmetik dewasa, anak2, remaja, bayi dsb.
      nggak apa2 kok sampai dewasa pakai skincare bayi, daripada maksa pakai skincare dewasa tapi nggak cocok.

      aku umur segini masih pakai skincare & shampoo anak2 lho.. karena produk dewasa nggak cocok untuk aku. malah seneng pakai produk bayi & anak, lebih mild untuk kulit & bahan kimianya nggak terlalu banyak dibanding produk dewasa.
      kalo kamu cocoknya pakai produk bayi, nggak apa2.. selama itu nggak mengganggu kesehatan kulitmu lanjutkan aja..

      Hapus
  22. Kak, acnes uv tint itu bsa sbg pelembab juga ya?terus klo mau pake pelembab acnes itu sbelum make bedak marcks boleh ga?msh buta make up bgt nih, mohon bimbingannya ya kak :) makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kulit kering nggak bisa, bakal bikin tambah kering. tapi di kulit berminyak hasilnya oke, minyak lebih terkontrol tanpa jadi terasa kering. kalo kulit tipe dry harus pakai pelembab dulu sebelum UV tint ini.
      iya, boleh dikasih bedak marcks setelah UV tint.
      sama-sama..

      Hapus
  23. Kak, aku 15thn, kulit aku kering banget, pelembab&sunblock yg bagus dan cocok apa ya?:/
    terus kak, kulit aku kuning gitu jadi putih iya agak hitem iya(?) cocoknya pake lipice/lipblam/lip tin? :/

    aku sih pake apa aja cocok asal dari diri aku bilang "pasti cocok" tapi kalau kata diri aku sendiri "gaakn cocok" tapi aku maksa nyoba kulit tambah kering

    tapi setiap pembelian product baru pasti awalnya jerawat dulu satu... tapi kalau aku ga mikirin itu jerawat pasti bakal kempes sendiri *curcol
    jadi itu kulit aku sensitiv atau normal kak?-_-

    mohon di bales ya^^ terimakasih ka:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kulit kering sebaiknya sunblock yg melembabkan supaya nggak usah berlayer-layer skincare yg dipakai di muka. misalnya skin aqua. kalo mau yg waterproof, coba parasol spf 33 (kalo yg ungu nggak terlalu lembab).

      lip tint ada berbagai pilihan warna & biasanya lebih awet, tapi jarang yg ada UV protectionnya, perlu ditambah lip balm yg ada sunscreennya.

      muncul jerawat karena nggak cocok itu wajar, semua jenis kulit juga bisa mengalaminya. tapi kalo misalnya jerawat tambah banyak/lama sembuhnya mending stop aja

      sama-sama..

      Hapus
  24. Halo Kak...
    Aku baru nemuin blog ini , dan langsung duka sama penjelasannya yang rinci, hehe

    Aku mau nanyain tentang pelembab yang cocok buat umur 17 thn, kulitku normal... tapi aku bingung buat nentuin pelembab yang cocok, kalo ngeliat review2 kebanyakan nge-share pelembab untuk kulit kering/berminyak...

    Boleh minta rekomendasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo.. makasih ya..
      oh, kulit normal malah gampang banget cari pelembabnya. kulit normal itu kan ada 2 macam, normal cenderung kering & normal cenderung berminyak. bisa pilih pelembab sesuai kecenderungan itu. atau pakai pelembab yg tulisannya "for all skin types", banyak sekali merek menyediakan pelembab for all skin types, dipilih yg cocok aja

      Hapus
    2. ohhh.. makasih buat sarannya ^^

      oiya maaf buat typo diatas harusnya suka, hehe

      Hapus
    3. iya, sama-sama.. hehehe

      Hapus
  25. kak umur ku 15th. dulu muka aku gak jerawatan, tapi pas aku pakek garnier mulai muncul jerawat banyak sama bintik". akhirnya aku gnti ke pond's lagi tapi malah tetep aja sama bekas jerawat aku juga gak hilang. akhirnya aku pakek clean n clear sama pelembab pond's belum ada hasilnya.. tapi menurut kakak gimana buat ngatasin muka aku?
    makasih:) mohon di bls

    BalasHapus
    Balasan
    1. diistirahatkan dulu kulitnya, jangan pakai apa2. kalo keluar rumah siang hari pakai topi/payung soalnya sinar matahari bikin tambah parah jerawat. baiknya sih pakai sunblock, tapi mengingat kondisi lagi breakout ya jangan dikasih bahan kimia dulu.

      coba DIY skincare, di blog aku banyak DIY skincare dari bahan alami. aku juga pernah breakout parah, nyoba apa2 nggak mempan (malah tambah parah) akhirnya pakai DIY jadi sembuh, malah kulit lebih sehat

      Hapus
  26. kak kulitku berminyak&berjerawat, skrg masih banyak bekasnya kak. aku ga pede ke utk ke sekolah. apa ada saran kak? hrs pake apa ka utk hilangin bekas&kira2 pake apa aja utk ke sekolahnya. makasih bgt kak maaf ngerepotin:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo merek aku nggak berani menyarankan ya, soalnya hampir semua merek kosmetik ada ingredients yg comedogenic

      coba aja DIY skincare, di blog ini banyak resepnya. lihat di label "homemade cosmetics". yg bagus buat oil control, jerawat &bekasnya itu DIY yg mengandung kunyit. toner saccharomyces (toner fermentasi nasi) banyak yg udah nyoba dan katanya suka sama hasilnya

      Hapus
  27. kak,mau tanyakalau aku pakai bb cream ponds gimana?baru coba sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja, tapi kalo udah kenal bb cream itu pembersih mukanya nggak cukup facial wash aja lho. harus pakai milk cleanser+toner atau cleansing oil, supaya bersih tuntas & sisa2 bb creamnya nggak nyumbat pori

      Hapus
  28. kalo aku pake nourish skin bio serum gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. asalkan cocok diteruskan aja nggak apa2. tapi kalo udah ada tanda2 nggak cocok segera hentikan. serum paling baik dipakai waktu kondisi muka masih agak lembab (belum bener2 kering setelah cuci muka)

      Hapus
  29. bedak padat maybelin cocok ga untuk usia 15thn?kulit berjerawat dan berminyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba yg maybelline white superfresh (yg iklannya velove vexia). aku baca2 review blogger malaysia katanya memang bagus buat kulit berminyak & teksturnya cukup ringan. tapi kalo dari ingredientsnya aku lihat banyak bahan comedogenic, bersihinnya harus tuntas supaya nggak nyumbat pori

      Hapus
  30. Postingannya sangat menarik dan membantu kak! bagus hehe^^ oiya kak, aku mau tanya dong. aku kan umur 16th, kira kira kaka tau gak eye gel yang cocok untuk kulit remaja? soalnya kantung mataku parah banget kak. maaf ya aku nanyanya beda sama topik yang kaka bikin. makasih kak;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya.. hehehe
      oh, eye gel itu nggak ada yg ngefek lho apapun mereknya, beneran deh, soalnya aku dah baca review berbagai merek & udah ada beberapa yg aku coba.. eye gelcuma bikin adem aja.

      kalo umur 16 kantung mata udah parah banget itu biasanya karena faktor selain pola hidup & lingkungan (misal genetik, defisiensi vit A/C/E/K, bisa juga karena toksin dalam tubuh yg menyebabkan kerja liver terganggu). harus tau dulu apa sebabnya, biar mudah menanganinya

      Hapus
  31. Kak kalo pake pelembab wardah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo cocok ya nggak apa2. misalnya ada gejala aneh2 kayak bruntusan ato kulit malah jadi kusam berarti nggak cocok

      Hapus
  32. muka aku berminyak dan berjerawat pake ponds white beauty dan bedaknya marina sweet. tpi jerawatku masih. pengen ganti, supaya jerawatnya ilang&cantik kira2 pake apa ya kak? maksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ponds white beauty jangan dipakai kalo lagi jerawatan. produk whitening semuanya memperparah jerawat. ganti ke produk khusus acne aja

      Hapus
  33. Lengkap bgt infonya thx yaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  34. kak muka aku kering cocok gak pake garnier light complete ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. garnier light complete banyak alcoholnya lho, bikin kulit makin kering. yg sakura white ingredientsnya lebih friendly buat kulit kering

      Hapus
  35. Kak aku pernah pake garnier light cream terus ganti BB cream garnier kulit aku jadi bruntusan. Trus ganti ponds yg ijo tetep bruntusan akhirnya coba mustika ratu tp ttep bruntusan juga. Akhirnya skrg ga pake apa2 lagi, cuma pake bedak sari ayu yg tabur aja, bruntusannya hilanh tapi wajah cepat kucel. Kira2 gmn ya kak, apa ga papa kalo cuma pake bedak aja kalo kena sinar matahari? Apa harus pake cream merk apalagi ya yg cocok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo nanya krim apa yg cocok buat kamu, aku nggak tau. kan kosmetik itu efeknya beda2 di tiap orang
      harusnya pakai suncreen sebelum bedak. contohnya acnes uv tint itu sunscreen tapi juga mengandung anti acne & oil controlnya bagus, ada warnanya juga, nggak bikin muka cepet kucel

      Hapus
  36. kak umurku mungkin diantara yang komen yang paling tua hehee 19th..
    aku punya masalah :
    -kulit kusam dan berminyak
    -kulit wajah juga mudah berjerawat
    -kulit wajahku juga semakin tipis pembuluh darahnya kelihatan soalnya dari umur 13 th aku sering ganti2 produk wajah (mulai dari racikan dokter, skincare2, klinik kecantikan)
    -pori2 membesar
    naa menurut kakak saran untuk aku pake apa ya kak.. aku udah putus asa terakhir aku di LBC 6bln lebih tapi gaada perubahan juga.. saran buat kosmetik yang soft buat aku? soalnya mukaku sekarang udah sensitif banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, pembuluh darahnya sampai keliatan? mungkin krim2 yg kamu coba (dari dokter & klinik) mengandung steroid. sebetulnya nggak boleh jangka panjang krim2 semacam itu, jika dipakai jangka panjang salah satu efeknya yaitu telangiectasia (pembuluh darah keliatan)

      epidermal barrier (lapisan pelindung kulit) kamu udah mengalami kerusakan karena "dihajar" skincare keras terus-menerus. ini saatnya kamu memberi waktu istirahat untuk kulit, puasa skincare dulu.

      lapisan epidermis bisa diperbaiki dengan diberi kolagen & hyaluronic acid. tapi dalam skincare komersial banyak sekali bahan2 kimia tambahan yg nggak ramah di kulit. aku sarankan kamu jangan pakai produk apapun sampai kulit mengalami regenerasi (minimal 28 hari puasa skincare).

      kamu bisa coba bahan2 alami untuk menenangkan kulit sensitif & menstimulasi pembentukan kolagen, misal :
      - teh chamomile sebagai toner (anti iritasi, menenangkan kulit)
      - masker dari gamat jelly (tinggi kolagen)
      - pembersih muka dari oatmeal (untuk gantinya sabun cuci muka)
      DIY memang repot tapi jauh lebih aman. daripada gambling coba ini-itu nantinya tambah parah. sabar aja dengan DIY sampai 28 hari.
      aku juga pakai DIY kok soalnya udah putus asa hehehe.. ternyata kulit jadi lebih baik

      Hapus
  37. halo kak, aku mau nanya..
    compact powder apa cocok untuk kulit berminyak?
    contoh compact powder dan tahan lama dikulit apa kak?
    kalo contoh loose powder yang cocok buat kulit berminyak dan tahan lama dikuliat apa kak?
    makasih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dari review2, aku baca maybelline white super fresh tahan lama di kulit berminyak (review yg aku baca nggak nyebut efek ke depan kayak breakout dsb karena baru first impression)
      tapi dari yg udah aku buktiin, acnes compact powder nggak gampang luntur & bagus oil controlnya (kulitku dulu berminyak).
      loose powder nggak ada yg tahan lama di kulit. sebentar udah hilang, tapi kadang oil controlnya masih terasa (misal marcks biasa & marcks venus)

      Hapus
  38. Aku 13 tahun aku biasanya pake lip glossnya revlon sama nature republic,bb cream garnier,bronzer mac aplikasinya pake kuas real techniques contour brush,sama essence smokey eye brush buat hidung sama mascara covergirl,buat alis pake anastasia eyebrow kit,concealer pake eclipse palatte itu juga dibawa doang dipakenya kalo lagi niat.
    Menurut kakak itu berlebihan ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berlebihan /enggak itu tergantung hasilnya kalo udah dipakai di muka. nggak berlebihan selama hasilnya keliatan natural
      tapi apa produk2 itu nggak terlalu berat buat kulit remaja 13 tahun? lebih baik pakai brand yg eco-friendly (misal burt's bees, the body shop, physician's formula) atau yg dibuat khusus untuk remaja (misal too school for school)

      Hapus
    2. Di Global ga ada larangan makeup sih tapi aku tetep natural kok.Kadang kalo niat pake eyeshadow stick etude yang gold buat bikin cute eyebag

      Hapus
    3. ya, untuk remaja paling cakep kalo makeupnya natural supaya aura cute nya tetap ada. yg penting tetap terlihat sesuai umur aja..

      Hapus
    4. Aq juga 13 yahun, cuma pake fair and lovely, bedak maybeline clear smooth all in one. Kadang kadang pake lipgloss tpi ug alami

      Hapus
    5. yg penting cocok untuk kulit & nggak melanggar aturan sekolah aja..

      Hapus
  39. Kak mau tanya, untuk SMA, bagusan pakai foundation atau BB Cream? Tolong recommend BB Cream atau foundationnya sekalian juga ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak orang bilang bb cream lebih baik daripada foundation, tapi sebenarnya beberapa liquid foundation lebih ringan dari bb cream, misal mustika ratu tasik kemuning (ada varian untuk kulit berminyak & kering), untuk yg berjerawat bisa coba bless acne liquid foundation.

      Hapus
    2. Penting ga sih kak pake concealer? Soalnya mukaku banyak flek bekas jerawat gitu. Rencananya, mau beli Maybelline Concealer. Tapi masih ragu buat beli, takut ga cocok. Gimana kak? Ada saran? Sebelumnya makasih kak udah dijawab.

      Hapus
    3. coba ponds concealer stick aja, bisa untuk nutupin jerawat juga. kalo maybelline cuma boleh untuk nutupin flek tapi nggak boleh untuk jerawat.
      ada tuh di giant & superindo, kayaknya aku pernah liat di indomaret juga.

      Hapus
  40. kak aku umur 12 tahun merk pelembab apa yang cocok untuk seumuran aku ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. pigeon yg ungu. atau clean n clear essential moisturizer. ringan banget tuh pelembabnya

      Hapus
  41. Kak saya ngebaca artikel kakak saya suka banget sama artikelnya. Saya mau tanya dong kira kira kalau umur 16 tahun itu boleh pake cream ponds, olay, dll ga ? Kalo boleh rekomendasiin yang bagus apa dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih jessie..
      kalo kulit acne prone sebaiknya jangan pakai ponds, olay dll apalagi yg ada whiteningnya. produk mustika puteri/red A lebih cocok buat remaja, skincare nya juga lengkap (ada facial wash, milk cleanser-toner, pelembab), atau clean n clear, biasanya cocok buat remaja yg kulitnya berminyak & acne prone.
      untuk sunscreen bisa coba skin aqua/ristra sun care.

      Hapus
    2. Ok kak makasih banyak buat infonya

      Hapus
  42. Muka q berminyak.tiba" muncul bnyak komedo truz bintik" putih klo d kluarin mirip seperti beras trkdang itu jadi jerawat ,skrng nmbah bnyak dan bkas ny bolong" trz tmbah prah ,hrus gmana perawatan ny?mohon bantuan ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu gejala pori2 tersumbat. solusinya :
      1.rajin scrub (2-3x seminggu)
      2.hindari bahan comedogenic, baca disini :http://randomandquick.blogspot.com/2014/06/menghindari-malapetaka-pemakaian.html
      3. jangan pakai kosmetik berlapis2 di muka, pilih yg bentuknya ringan (lotion cair/gel/serum) jangan yg krim kental

      Hapus
  43. Kaka umurku 13 tahun aku mau coba pakai sunblock Skin aqua kira-kira cocok ga untuk kulit seumuran aku ? Soalnya kulit aku agak hitam gara-gara berenang kemarin, atau kira-kira menurut kakak sunblock yang cocok untuk aku itu apa kak ? Tapi yang harganya terjangkau aja kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sunblock nivea kids lebih baik daripada skin aqua kalo kamu suka berenang, soalnya water resistant & aman untuk wajah anak. harganya dibawah 100 ribu kalo aku liat di giant.
      tapi untuk sehari2 (ke sekolah, aktivitas yg nggak kena air) skin aqua bagus kok, untuk umur 13 jangan pakai yg spf tinggi (20-25 aja cukup).. sayangnya nggak bisa buat berenang

      Hapus
  44. salam kenal ya kak...
    umurku 14th, kulit wajah aku agak berminyak di daerah T, aku pengen pake bedak dan pelembab.
    bedak dan lotion wajah yang cocok buat aku apa ya kak?
    trus, lebih baik pake bedak aja, pelembab aja, atau kedua-duanya kak??? jawab ya kak :D
    Makasih kak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal..
      coba clean n clear fairness moisturizer yg udah ada SPF 15 nya, ringan & nggak mengandung minyak. bedaknya cari yg ada sunscreennya. ada beberapa merek bedak yg recommended, tergantung jenis kulit kamu. cek di sini: http://randomandquick.blogspot.com/2014/03/memilih-bedak-untuk-kulit-remaja.html
      sebaiknya pelembab & bedak supaya kulit kamu terlindungi dari sinar UV, lagipula bedak juga menolong biar kulit keliatan seger, nggak gampang kucel

      Hapus
    2. kak, aku jadi beli bedak yang pigeon compact powder beige, menurut kakak bagus ga?

      Hapus
    3. bagus kok. ringan tuh bedaknya, biasanya cocok buat yg kulitnya sensitif

      Hapus
  45. Kak untuk anak SMA bagusan pake viva chic on lips atau maybelline baby lips?
    Mohon sarannya kak, makasih sebelumnya
    Btw, blognya bermanfaat sekali, sukses ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. viva chic on lips lebih enak, kalo maybelline baby lips rasanya tebel di bibir & berminyak banget.
      makasih.. sukses juga buat kamu

      Hapus
  46. mba saya umur 14 th saya klas 3 smp. kulit wajah saya itu kering sekali mba jadi kalo dipakein bedak bayi itu kaya burasen gitu terus juga wajah saya kusam kadang berjerawat tapi jerawatnya yang putih putih gitu mba. nah saya itu pengen kulit wajah saya jadi lembab terus putih kira kira pake apa ya mba ? pelembab dllnya ? mohon jawabannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja pelembab clean n clear fairness moisturizer spf 15.ada facial foamnya juga kalo nggak salah. cocok untuk segala jenis kulit, bisa mencerahkan asalkan sabar. tapi jangan dipakai malam2 ya, soalnya mengandung sunscreen & sunscreen nggak boleh dibawa tidur malam. kalo yg essential moisturizer nggak ada sunscreennya, dipakai malam juga boleh

      Hapus
  47. Kalau utk umur 15 th pake pelembab garnier sakura white sm bedak maybelline clear smooth , kira2. Cocok gak yaa,soalnya tipe kulitku berjerawat,berminyak,trs kalau kena sinar matahari muka ku langsung memerah,minta saran nya ya mba pelembab dan bedak apa yg cocok untuk kulitku.tapi saya sekarang lgi pakai pelembab garnier sakura,bedak marcks, face wash clean n clear acne clearing cleanser...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kulit berjerawat nggak baik lho pakai whitening, bikin jerawat susah sembuh. lebih baik pakai produk khusus acne aja. bedak & face wash mu udah oke, pelembabnya coba yg memang khusus jerawat misal wardah acne perfecting moisturizer gel (ada spf 18).

      Hapus
  48. Kak, aku mau nanya. lip tint itu biasanya dimana ya?
    Makasih kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di online shop tapi hati2 jangan sampai beli yang palsu
      lebih yakin kalo beli di gerainya, misalkan di mall kotamu ada gerai etude house. the body shop juga sedia lip stain (sama kayak lip tint)

      Hapus
    2. Kak solusinya bwt wjah brmnyk n brjrwt. Q skrng pke c n c active clear acne, plembbny fair n lovely an bdaknya sariayu.. gmna kak/?

      Hapus
    3. pelembabnya jangan yg whitening. whitening bikin jerawat susah sembuh. pakai pelembab yang khusus acne aja misal pixy acnebrite, wardah acne perfecting moisturizer dsb. bedak juga kalo bisa pakai bedak khusus acne, dari sariayu kan ada bedak tabur jerawat

      Hapus
  49. mba mau nanya lagi, ak sering ada tipe jerwat yang keluarnya nasi, keras gitu, hbs itu tuntas, cuma klo dioprek2 trs ga berhasil , jadi jerawat bzzz... itu pori2 tersumbat yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh itu whiteheads, isinya minyak+sel kulit mati (belum ada bakterinya). iya itu karena pori2 tersumbat. whiteheads kalo terinfeksi bisa jadi jerawat. sebaiknya kalo abis ngeluarin isi whiteheads langsung olesin obat antiseptik biar nggak infeksi

      Hapus
  50. ak pake produk whitening kok sering bruntusan yah -___- gimana ngilangin bekas jerawatnya huhuhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. skincare whitening emang biasanya lebih keras. aku sih ngilangin bekas jerawat pakai DIY yg tinggi vitamin A, C atau bahan beras2an

      Hapus
  51. Kalau pelembab untuk kulit kering dan acne prone umur 14 th?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rata2 produk pelembab buat jerawat itu bisa dipakai buat kulit kering maupun berminyak. merek apapun boleh yang penting memang untuk acne & nggak mengandung whitening.

      Hapus
  52. Mba lintang mau nanya lip tint yang cocok untuk anak SMA itu warna cherry pink atau red apple ? maunya yg natural dan soft jadi ga' keliatan seperti pake make-up. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. dua2nya bisa natural kok. cherry pink bagusnya untuk yg berkulit terang. untuk kulit tan bagusnya red apple, tapi dipakai tipis2 supaya nggak merah banget.
      sama2..

      Hapus
  53. kak aku baru mau 17 tahun aku pake wardah lightening kaya krim siang malam gitu ka.. itu berat buat kulit muka nya ga ya kak?
    oh iya di hidung aku itu ada komedo batu gitu ka gailang ilang udh ke dokter diangkat dan ada lagi ada lagi harus pake apa ya kak?
    thanks kakakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo nggak ada tanda2 breakout, kulit jadi kusam, iritasi & efek negatif lainnya ya berarti cocok.
      biar komedo nggak sering mampir kamu harus rajin eksfoliasi (2-3x seminggu), wardah kan punya produk scrub &peeling, coba aja..
      sama2..

      Hapus
  54. wah, andai juga aku udah baca ky gini sejak remaja dulu, skrng aku juga nyesel mbak, pori2 muka cukup gede gara2 dulu cuci muka di gosok bgt, trs bibir gelap, krn ga teratur pake lipbalm, belum nemu skincare yg ada spf nya juga dulu, jarang maskeran, ga jaga makan. beruntungnya para remaja sekarang yg udh banyak informasi2 bermanfaat sprti iini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga nyesel waktu remaja nggak merawat muka, karena nggak ada yang ngasih tau & mengarahkan. waktu udah mahasiswa harus usaha ekstra buat mbenerin kulit yang udah terlanjur nggak keurus
      aku rajin pakai skincare sejak umur 20, makeup umur 21. telat banget hehehe..

      Hapus
    2. halo kaka :)
      aku umur 17 tahun aku mau nanya nih, aku punya kulit wajah berminyak berjerawat pokonya sensitif banget deh :( aku udah pernah nyoba beberapa produk pencuci muka penghilang jerawat sampe" bedak bayi aku pake, tapi hasilnya jerawatku tetap ada malah jadi menambah noda hitam diwajahku :( apalagi sewaktu aku mau pms tiap bulan jerawat ku bermuculan, mohon solusinya dong ka :) terimakasih kaka cantik=))

      Hapus
    3. oh itu faktor hormon, aku juga jerawatan terus waktu seumur kamu, tapi bedanya aku nggak ngerawat kulit hehe..

      lebih baik seimbangkan dulu hormon dengan perawatan dari dalam, misalnya rajin konsumsi vitamin A & C, mineral zinc (dari sayur& buah, boleh dibantu suplemen).
      minum teh hijau, rempah2 (kayu manis, jahe), jintan hitam (habatussauda).
      soalnya produk anti acne akan sia2 kalo hormon masih kacau.

      satu lagi yang penting, hindari produk whitening. juga jangan terkena sinar matahari langsung karena sinar UV memperparah jerawat.

      Hapus
    4. oh iyah jadi lebih baik nya aku ga usah dulu pake produk make up apapun??
      sering sih kena sinar matahari apalagi waktu disekolah,,

      Hapus
    5. makeup kalo cuma bedak tabur boleh lah..jangan two way cake.
      kalo sering kena matahari harus pakai sunscreen. lebih baik sunscreennya yg bahannya zinc oxide atau titanium dioxide (physical sunscreen)

      Hapus
    6. sekalian aja deh ka biar aku ga pusing nyarinya, bedak sama suncreen nya merek apa?? hehe maaf ngerepotin soalnya aku nol banget masalah kecantikan takut kemakan iklan lagi

      Hapus
    7. sunscreennya acnes UV tint, biasanya ada tuh di supermarket. bedaknya marcks atau sariayu bedak jerawat. sariayu warnanya lebih cocok buat kulit indonesia, nggak terang banget kayak marcks.
      semoga berhasil ya..

      Hapus
    8. oke siap makasih ka, berapa hari kalo buktiin cocok atau engga nya tuh??
      sama berapaan kira" harganya?

      Hapus
    9. oke siap ka makasih, kalo pencuci mukanya aku dulu pernah cocok sama sariayu extra pegagan tapi jerawat ku ga ilang semua sih,apa lanjut lagi pake pencuci muka itu? soalnya kalo pake clean&clear yg anti jerawat malah komedoan,, + kalo ngebuktiin cocok atau engga nya pake acnes UV tint sma bedaknya dalam berapa hari tuh?

      Hapus
    10. biasanya kalo orang nggak cocok sama kosmetik, gejalanya udah keliatan dalam 1 hari, jadi bruntusan di tempat yang biasanya nggak pernah ada jerawat/minyak berlebih.
      harganya acnes uv tint kayaknya 40ribuan, bedak marcks& sariayu sekitar 10 ribu atau kurang

      Hapus
    11. kalo cocok ya lanjutin aja. facial foam emang nggak bisa ngilangin jerawat, harus diobatin. btw dari review2 dibilang lotion jerawat sariayu oke, diolesin ke jerawat kalo malam/di rumah

      Hapus
    12. iyah siap ka makasih, semoga aja berhasil hehe :)

      Hapus
    13. ka aku mau nanya lagi nih aku udah pake bedak jerawat sariayu sama pencucui muka sariayu awalnya sih jerawat ku berkurang, tapi seudah mau bersih malah muncul lagi apa harus pake vitamin(obat dari dalam) kira kira vitamin merk apa yah?

      Hapus
    14. coba minum habatussauda (jintan hitam), banyak dijual di apotek. aku dulu minum habatussauda jadi kalem jerawatnya.
      sariayu juga ada obat jerawat untuk diminum. bentuknya kaplet, reviewnya sih bagus2. waktu udah sembuh nggak usah diminum lagi.
      kalo habatussauda itu suplemen, meskipun udah sembuh tetep bisa diminum untuk menjaga kesehatan secara umum

      Hapus
  55. Ka mau nanya.. wajahku kan berminyak sm berjerawat, kira-kira pelembab sekaligus sunscreen yg cocok buat aku apa ka? usiaku 13 th. Tolong saranin dong ka, thanks. =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pelembab+sunscreennya skin aqua UV moisture gel (jangan yang milk), buat penyembuhan, kalo malam jerawatnya diolesin obat (misal lotion jerawat sariayu)

      Hapus
  56. Kak Kalo Untuk Anak 13Tahun Dan Bermasalah Pada Kulit nya (Berminyak) Facial Wash.Foundation,Cream Malam,Bedak,SunScreen.Dan Whettning Nya? Apa Ka? Aku Make Facial Scruub Dari Ponds ( Ponds Anti Bacterial ) yang Warna Biru Muda Itu Cocok Ngga? Pelembab Nya CNC Tapi Malah Tambah Berminyak,Bedaknya Marina Kak Tapi Pas Luntur Malah Pedih Dimata! Sarannya Kak Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ponds itu setauku bikin kulit dehidrasi. kalo kulit dehidrasi, justru malah akan produksi minyak lebih banyak sebagai usaha untuk melembabkan kulit. coba facial wash yang pH balanced, misal dee-dee facial wash for children (aku juga pakai itu padahal udah bukan anak2 hehehe). bikin kulit cerah karena ada ekstrak buah, susu, dan vitamin C.

      cream malam nggak usah dulu, karena terlalu berat buat kulit 13 tahun. pakai pelembab pigeon teens yg kemasan ungu tuh cukup lembab buat siang/malam. tapi biar praktis, siangnya pakai sunscreen yg udah ada pelembab (misal skin aqua UV moisture gel).

      foundation boleh aja sih, tapi jangan tiap hari (cuma untuk acara khusus). misalnya bless healthy glow foundation, itu ringan banget buat kulit sensitif juga boleh, jadi mungkin bagus juga untuk remaja.

      bedak lebih baik bedak tabur, misalnya bedak marcks. oil controlnya lebih bagus daripada marina. kalo bedaknya udah hilang, oil controlnya masih lumayan ada.

      Hapus
  57. Kak, aku baru nemuin blog nya penjelasannya detail banget :3 aku 16th mau tanya kak, cerita sedikit ya hehe. dulu aku sering coba2 pembersih sama pelembab kayak pons, garnier, fair and lovely, pixy, dan yg terakhir wardah yg gel. mukaku jadi kering gmn gt kak, mukaku emang tipe kering agak sensitif jadi bingung milih pembersih. kalo gak aku kasih pembersih jadi normal tapi kayak ada kotoran yg numpuk. saran ya kak kira2 cocok apa hehe.
    bedakku sempet pakek wardah juga yg compact trus kayak gak nyaman aku ganti bedak bayi johnson milk and rise. tapi, bruntusan gt jadi aku lapisin pakek baby oil. tapi agak siang dikit jadi kayak kusam gt kak. saran juga ya kak buat bedaknya hehe. maaf kebanyakan. tnk :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. kulitku juga kering & sensitif, aku pakai dee-dee children facial wash. itu memang buat anak2 sih, aku suka karena nggak bikin kering di kulitku+bersih. aku juga sering pakai sabun bayi zwitsal natural. ada orang yg bilang sabun bayi bikin kering, tapi itu cocok2an sih..

      oh, jangan pakai baby oil buat pelembab, itu nyumbat pori, nanti pori2 susah dibersihin & jadi komedo bahkan jerawat.

      lebih baik pakai bedak yang melembabkan, misalnya pigeon teens. yang loose powder itu ringan banget di muka, tapi kalo nggak suka bisa coba yang compact, ingredientsnya nggak beda jauh sih.

      Hapus
  58. Haloo ka aku baru disini. Aku baru bca blog kk. Kk mau nanyq nih,kalo pelembab buat kulit berjerawat apa yah? Sma pembersih n bedaknya, aku kan pke citra hazeline yang kuning bwt ngilangin bekas jerawat,sma pembersihnya sariayu putih langsat yg bwt muka jerawat kra2 cocok gak ka? Soalnya muka aku jerawat n bekasnya gak ilang2,trs kulitnya kasar klo abos cuci muka, maaf terlalu bnyk nanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo lagi jerawatan jangan pakai yg ada whitening. daripada sariayu putih langsat, lebih baik sariayu busa pembersih jerawat.
      bedaknya coba bedak tabur sariayu yg untuk jerawat/ wardah acne loose powder
      pelembab
      pelembab gampang2 susah sih. banyak yg cocok wardah acne perfecting moisturizer gel, tapi dulu aku nggak cocok. aku malah cocoknya pakai clean n clear essential moisturizer

      Hapus
  59. Ka brrti bgusnya q pke plembb n bdak ap dong.. yg cocok bwt wjh q yg brmnyk n jrwtn ini???

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba wardah acne series.. siapa tau cocok

      Hapus
  60. kalau masker yang cocok buat kulit umur 13 tahun kira" apa ya?
    trima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sariayu tuh merek lokal yg maskernya banyak varian & mild. kalo mustika ratu lebih harsh.
      kalo suka yg bentuk sheet coba nuface
      itu merek2 yg gampang ditemukan di sekitar kita.
      kalo suka yg korea coba innisfree & nature republic

      Hapus
  61. HAHA menthol,berasa marlboro.
    Lipgloss yang bagus coverage nya apa?karena bibirku agak item gara2 rokok :(.tqpi ga berlebihan untuk sekolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. lipgloss nggak ada yang oke coveragenya, kalo di bibir yang agak item malah jadinya mengkilap aja. semua kayak gitu, baik lipgloss lokal atau luar. tinted lip balm juga begitu.
      lebih baik lip tint aja, warnanya lebih nutup tapi pilih yg warnanya natural

      Hapus
    2. Lip tint apa rekomenya? Oh iya sekalian rekomen parfum yang cocok buat sekolah yang ga mahala dan mencolok karena aku sadar selama ini parfum yang aku pake bikin kantong bolong semua -_- dari mulai Moschino sampe Prada milano bikin bolong -_-

      Hapus
    3. etude house fresh cherry tint tuh warnanya natural2 & coveragenya oke.
      coba the body shop, body mist & eau de toilette nya variannya sama. pilihan wanginya banyak & cocok buat remaja. kalo aku suka banget yang vanilla

      Hapus
  62. Kak aku masih sma, menurut kk pigeon two way cake yg warm beige gimana? Soalnya aku udah beli nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja, tapi dipakai tipis2 dalam keadaan wajah kering. setelah pakai pelembab biarkan sampai pelembabnya meresap & kering. jangan masih basah langsung pakai two way cake.

      two way cake juga nggak boleh untuk touch up. biasanya siang2 waktu istirahat kan cewek suka touch up bedak biar nggak kucel.
      nah kalo pakai two way cake harus bener2 bersih mukanya (cuci muka dulu). nggak boleh muka masih ada bedak & minyak langsung timpa two way cake lagi.

      Hapus
  63. kak saran merk bb cream lokal buat anak umur 13 apa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wardah katanya bagus sih. bb cream lokal yg pernah aku coba baru caring colours, menurutku hasilnya bagus & ringan di kulit

      Hapus
  64. Kak, saya sudah lama tidak memakai bedak karena pernah tidak cocok menggunakan bedak two way cake dan menimbulkan jerawat, stelah itu saya memakai skincare dari suatu klinik, dan ternyata menyebabkan ketergantungan, setelah ke dokter kulit untuk mengatasi ketergantungan tersebut, sekarang saya tidak memakai skincare apapun, saya ingin memakai bedak kembali, dari post tentang cara memilih bedak saya mungkin akan membeli bedak untuk bayi Johnson atau pigeon teen, tapi saya bingung memilih pelembab, menurut kakak pelembab apa yang paling ringan dan untuk pemula seperti saya? terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pelembab pigeon teen yang kemasan ungu itu ringan banget buat remaja.
      atau home snow vanishing cream, pelembab jadul tapi ringan di kulit. dua2nya pernah aku review, silahkan di-search..
      bedak buat remaja memang sebaiknya jangan yang two way cake, terlalu berat formulanya.

      Hapus
  65. ka,,aku mau nanya niihh,,,
    itu urutan make up yg kk jeLasin d atas td sekaLigus di pakek smua yaa ka?
    maaf yaa ka nanya yg bginian,, soaLnya gatauu make up ka,,
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak semua lah. yang penting itu :
      1. pelembab
      2. sunscreen (pelembab tidak perlu jika sunscreen sudah mengandung moisturizer) 3. sunscreen lip balm
      ini bukan makeup, tapi skincare. jauh lebih penting skincare daripada makeup supaya kulit tetap sehat & terlindungi.

      bedak pun optional. ada yang bilang bedak itu penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari & debu. tapi sebenarnya bedak itu fungsinya dekoratif supaya nggak kucel/berminyak aja. fungsi perlindungannya terhadap sinar matahari nggak optimal, debu tetap nempel di permukaan kulit meskipun udah pakai bedak.

      Hapus
  66. Kak aku mau nanya dong:) aku umur 13 tahun, aku jerawatan terus udah ke dokter sekarang udah mendingan. Mukaku sensitive banget jadi gampang jerawatan dan mukaku gampang bgt berminyak. Terus aku dikasih sunblock sensitive juga kak itu harus dipake dr pertama aku ke dokter udah di kasih itu. Terus aku udh putih, pake sunblock jadi tambah putih. Kalo dibawah matahari keliatan pake sunblock gitu terus itu jd putih gitu agak pucat tapi hrs pake itu kak. Nah aku coba pake garnier light complete.ukaku jd tambah putih juga cuma putihnya putihnya jadi putih seger gitu aura mukanya keliatan. Aku bingung aku takut jerawatan lagi. Sarannya dongg kak tolong . Pake sunblock dulu baru pake garnier atau gimana?:) makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tanya ke doktermu dulu. banyak dokter yang nggak menganjurkan skincarenya dipakai barengan produk bebas karena ingredientsnya saling kontra.

      beberapa jenis sunscreen ada yang bentrok dan efisiensinya malah berkurang jika dicampur. jadi malah nggak bisa melindungi kulit dari sinar UV secara optimal.
      kan garnier light complete ada anti UV nya (komponen sunscreen), siapa tau bentrok dengan sunblock dokter.

      kalo sunblock dokter hasilnya putih banget (white cast) di kulit, kenapa nggak dikasih bedak yang ada warnanya? lumayan mengurangi white cast lho. pilih loose powder yang warnanya sesuai kulit & nggak mengandung sunscreen, tapi sebaiknya memang semua ditanyakan ke dokter dulu supaya kulit selamat.

      Hapus
  67. Kak umur aku kan 13 thn
    Aku pengen supaya jerawat dan merah merah di area jerawat bsa ketutupan tpi jerawatku kecil koq enggak banyak
    Lah aku sebelumnya pake pelembab citra dan bedak pigeon putih gampang luntur bngt blum sampek sekolah udh luntur waktu istirahat kelihatan kumus kumus gk pede bngt kak
    Lah aku mau berubah penampilan nih kk supaya jadi pusat perhatian
    Kak aku kan mau ganti alih mau pake acnes uv tint dan bedak acnes nih
    Gmna blh enggak ?? Sarannya kk supaya nutupin jerawat dan make up enggak luntur supaya kelihatan fresh gtu lo sarannya ya kak
    Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja..
      acnes UV tint ditimpa bedak acnes hasilnya bagus sih. dulu aku pernah pakai, muka masih rapi meskipun sebenernya udah berminyak. tapi ya jerawat nggak terlalu tercover. awalnya merah2nya tersamarkan tapi beberapa jam kemudian keliatan lagi.

      buat menyamarkan jerawat pakai concealer aja. misalnya yg dari ponds (ponds pimple cover & care concealer pen). review2nya sih bagus
      sama2..

      Hapus
    2. Kak .. pake acnes powder lotion koq tambah banyak yah .. bner sih agak enggak kemerah merahan tapi jerawat kecil kecil tambah timbul gmna nih kak ?? Aku pengennya kulitku mulus nih kak :'(

      Hapus
  68. kak, umurku 14 tahun *9smp. nah aku kan selama setahun ini paka garnier buat sabun cuci mukaku. nah kemaren coba2 beli freash foam-white clay dari etude house *karna temenku pakai itu dan dia bilang hasilnya bagus bgt. terus setelah pemakaian ke3 kalinya, tiba2 mukaku banyak jerawatnya, besar2 gituu. nah itu karna aku gak cocok sama fresh foam nyah, apa kulitku baru penyesuain? terus aku musti gimana kak? makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku baca di ingredients fresh foam white clay etude nggak ada bahan penyebab purging.
      kalo purging biasanya memang jerawatan, tapi kalo dibiarin nanti ilang sendiri.

      nah berhubung nggak ada bahan penyebab purging, berarti jerawat itu tanda kalo kamu nggak cocok. mungkin kamu nggak cocok dengan kandungan silica dalam hydrated silica & diatomaceous earth (fosil algae) di facial foam itu. banyak orang nggak cocok dengan silica soalnya nyumbat pori.

      jangan dilanjutkan, kembali aja ke facial foam kamu yg sebelumnya.

      Hapus
  69. kak kalu pake beda red a anak usia 15 tahun boleh nggak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh. brand red A memang sasarannya buat pre teens & teens

      Hapus
  70. ka umurku 13 tahun aku mau minta saran dong pelembab,sunblock dan bedak yang khusu kkulit berminyak dan jerawat dong juga ka ini di area sekitar hidungku muncul bintil2 kecil itu kenapa ya bisa dihilangin gak? juga cara mengatasi jerawat dan kulit berminyak itu gimana? maksih ka ttolong dijawab ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pelembabnya yg oil free, misalnya clean n clear essential moisturizer. sunscreennya yg untuk jerawat (acnes UV tint), bedaknya yg untuk jerawat (sariayu bedak jerawat).
      bintil2 kecil itu komedo, kalo warnanya putih itu komedo terbuka. yg bentuknya benjol tapi ada isinya keras itu komedo tertutup.

      komedo terbuka dihilangkan pakai pore pack, yg tertutup dengan eksfoliasi. bisa pakai scrub/peeling, misalnya masker yg teskturnya kasar atau masker rempah2.

      cara mengatasi jerawat & kulit berminyak kalo pakai produk aku nggak tahu. pakai bahan alami aku tahu, lihat di bagian DIY recipes di blog ini. banyak resep DIY buat kulit jerawat & berminyak. coba aja.

      Hapus
    2. penggunanya clean n clear terus acnes uv tint abis itu ditimpa bedak gitu bukan?
      oke ka aku dah baca makasih ya:)

      Hapus
    3. ya betul, urutannya pelembab - sunscreen - bedak
      sama2..

      Hapus
  71. Kak, aku kan umurnya 11 th, kira2 cream diatas cocok gk bwt aku??

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg paling ringan itu clean n clear. pigeon juga ringan, lihat reviewnya disini http://randomandquick.blogspot.com/2014/04/pigeon-moisturizer-baby-powder.html

      Hapus
  72. Ka umur aku baru 13 th . Jujur aku lagi suka sukanya nih liat produk2 yg biasa di sponsorin di tv2 .kdg aku beli tapi takut mkenya. Aku tkut klo produknya ggk cocok dimuka aku.kulitku kering2 sensitif gtu ka. Klo kepnasan atau strees lngsung tuh nimbul merah merah gtu di sekitar bawah hidung ama bwah mulut. Jd tkut mke pdhl kpngen bnget buat muka aku jd sehat gtu . Mslh aku skrg juga ama komedo . Kdg aku jga udh mke pore pack ka tapi tipe hidung aku itu tipe idung yg gk bisa kering wlaupun ditmpat ber AC juga biasanya tetap bsah krna keringat. Jd kdg klo pke pore pack gk bisa kering2. Klo sbel kdg juga langsung aku cpot.wktu msih bsh . Besoknya nimbul deh jerawat2 kecil gtu ka.kesel bnget deh . Aku hrus gmna lagi ka buat ngtsin komedo aku . Kdg minder jga ama tmen2. Aku pke facial foam dr clean&clear . Gk pke cream apa2 cma pke bedak my baby bedak baby . Dan kdg pke pigeon teens . Kmren aku bru beli bb cream dr pond's tp belum aku pke. Tkut klo ggk cocok.tolong saranya yah. Gmna buat komedo aku . Sma bb cream yg aku bli kmren aku pke atau ggk. Makasih sebelumnya .:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga pernah jadi korban iklan. memang sih kalo gampang tergiur nyoba ini-itu malah kulit jadi bermasalah. jadi harus tahan diri hehehe..
      buat orang yg nggak bisa pakai pore pack, alternatifnya pakai masker homemade. misalnya:
      - fermented oatmeal (lihat di bagian DIY recipes). banyak yg bilang komedo bisa hilang dengan resep ini.
      - masker kunyit/kayu manis/jahe bubuk + madu. memang komedo nggak langsung ilang waktu maskernya digosok, tapi jadi gampang dikeluarkan (dipencet) & mencegah bekas pencetannya menjadi jerawat

      bb creamnya dicek dulu kira2 bisa bikin kamu breakout atau enggak, caranya dioleskan dikit di bawah dagu dekat leher/rahang (di wajah, tapi bagian yg tidak mudah dilihat orang). biasanya tes sensitivitas di belakang telinga, tapi reaksi kulit bagian belakang telinga & wajah kan beda.
      biarkan aja selama setengah hari. nah kalo nggak ada reaksi kayak gatel/merah/jerawat berarti bisa kamu pakai untuk seluruh wajah.

      Hapus
  73. klo anak sekolah kyknya si blm prlu blush on yaa,, hihi
    jd inget jaman sd smp ke sekolah cuma pk bedak bayi doang..gak ngerti makeup atau skincare, hehe
    pas sma baru deh mulai pake pelembab..
    itu blush on face on face bagus tuh kayaknya, tanpa shimmer.. aku blm punya koleksi blush on sama sekali, soalnya mukaku putih&gampang merah kl kepanasan..hehe,,
    harganya berapa kak blush on face on face itu? tp kok kayaknya jarang yg jual, aku tinggal di purwokerto, blm pernah liat blush on itu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalo sekolah sih blush on nggak perlu. tapi anak2 jaman sekarang kalo mau hangout makeupnya kadang lebih komplit dari orang dewasa lho

      blush on face on face memang bagus, aku pernah punya yg oranye. tapi sayang cepet luntur kalo kena keringat. 2 tahun yg lalu sih harganya 27ribu, nggak tau sekarang berapa
      kalo disini biasanya dijual di counter yg jual lip ice karena sama2 buatan mentholatum-rohto

      Hapus
  74. ka mau nanya nih,sunblock yang tadi kakak sebutin bikin noda kuning ga dibaju?soalnya aku pake sunscreen wardah buat wajah sama sublock vaseline buat badan mereka ninggalin noda kuning dibaju,susah dihilanginnya.thankiss ya

    helli-isthi.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan noda kuning sih, tapi coklat/krem soalnya krimnya berwarna seperti warna kulit. perlu hati2 aja kalo lagi pakai baju putih, hehehe..

      Hapus
  75. kak aku umur 12 tahun,pelembab clean and clear,pigeon,red a bagusan mana kak?soalnya kulitku berminyak di daerah hidung sama dahi

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kulit berminyak lebih baik yg clean n clear essential moisturizer, soalnya nggak mengandung minyak

      Hapus
  76. Kk klw pelembabnya inez lightweight moisturizing lotion gimana kk? Umurku 12th mau 13th kk.. Mkasih y k ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. inez cocoknya buat orang dewasa..
      coba pelembab yg untuk remaja aja, banyak kok mereknya

      Hapus
  77. kak mau tanya, aku umur 14 kulit aku normal. kalo aku pakek bb cream ponds sama bedaknya maybeline white super fresh, gimana? cocok ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlalu berat kalo digabungkan. bb cream ponds dipakai barengan dengan loose powder aja.
      maybelline white super fresh dipakai setelah pelembab
      kalo keduanya digabung kasian kulitnya

      Hapus
  78. kak, kulitku berminyak cenderung berjerawat. kalo pakek sunblock (parasol) + pakek pelembab (clean n clear) aman kah? terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sunblocknya acnes uv tint aja, lebih cocok buat kulit oily & acne prone..

      Hapus
  79. kak umur aku 18 thn, pelembab dan pembersih untuk mencerahkan dan memutihkan wajah itu apa ya. aku tipe kulit normal yang sedikit berminyak di hidung. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba garnier sakura white.. formulanya lumayan mild dibandingkan garnier light complete yg kuning

      Hapus
  80. Kak aku ini umur 12 tahun pelembab,pembersih apa yah yg cocok... ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pigeon facial foam & moisturizer, memang ringan karena untuk remaja. pernah aku review lho. search aja pigeon di blog ini.

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah