Minggu, 02 November 2014

Sharing Pengalaman : Menghilangkan Bekas Luka secara Alami

Hai pembaca..

Akhir-akhir ini saya sering dapat email dari pembaca yang meminta resep untuk menghilangkan bekas luka dan bekas gigitan nyamuk. Saya belum pernah menghilangkan bekas gigitan nyamuk karena memang nggak punya, tapi saya pernah sukses menghilangkan bekas luka. Untuk resep menghilangkan bekas gigitan nyamuk saya pikir mirip ya dengan bekas luka. 

Tapi sebelum menentukan metode untuk menghilangkan bekas luka, kenali dulu jenis bekas luka yang kamu miliki.





Bekas luka (scar) secara umum ada 3 macam :

  • Bekas luka sederhana : bekas luka yang kasar, berwarna merah atau gelap tapi tidak menonjol
  • Bekas luka kompleks : hypertrophic scar, keloid, contracture scar
  • Bekas luka karena hilangnya jaringan : bekas luka yang cekung (indented scar)
Bekas luka sederhana berupa perubahan warna

Contracture scar

Keloid

Hypertrophic scar

Indented scar

Bekas luka sederhana yang menurut saya cukup memalukan adalah luka karena knalpot. Memang nggak menonjol tapi warnanya yang gelap itu susah hilang. Siapa yang belum pernah kena knalpot? Saya sudah kena knalpot 2 kali, waktu SD (1997) dan SMA (2005). Bekas knalpot waktu SD aja masih belum hilang saat SMA, eh malah nambah koleksi lagi. Tapi sekarang udah hilang dong.


Saya juga punya bekas luka kompleks, yaitu hypertrophic scar. Ini mirip keloid tapi lebih ringan levelnya. Lukanya saya dapat waktu kuliah S1 di tahun 2011. Saat itu saya PKL di peternakan ayam petelur yang cukup besar, kandangnya panggung dan lantainya terbuat dari slat-slat besi. Ternyata ada besi yang longgar dan saya terperosok. Kaki saya tergores besi, untung langsung dikasih salep antibiotik sehingga nggak kena tetanus. Tapi bekasnya menjadi hypertrophic scar yang awet sampai 2013 kemarin. Sekarang udah hilang sama sekali.

Bekas luka knalpot yang dulu saya alami seperti ini :

Ini bukan foto saya, saya dapat dari sini
Yang namanya bekas luka knalpot selalu begini, lebar dan gelap. Pokoknya keliatan banget

Bekas luka goresan besi yang saya punya dulu seperti ini :

An example of a hypertrophic scar that would benefit from scar treatment
Bukan foto saya, saya dapat dari sini
Hypertrophic scar mirip keloid tapi kecil dan tidak terlalu menonjol

Hypertrophic scar terjadi karena penumpukan kolagen yang menyebabkan permukaan bekas luka menjadi naik, tapi tidak sampai separah keloid. Hypertrophic scar mengandung saraf dan pembuluh darah, tumbuhnya setelah luka sembuh. Senyawa yang berperan dalam pembentukan hypertrophic scar adalah TGF-β (sejenis senyawa pengatur pertumbuhan) yang bekerja di lapisan kulit dalam.

Saat luka mengalami proses penyembuhan, tubuh memproduksi serat-serat kolagen dengan cepat untuk mengimbangi kerusakan kolagen lama akibat luka. Kadang pertumbuhannya berlebihan sehingga menyebabkan hypertrophic scar. Keloid terbentuk karena pertumbuhan kolagen yang sangat berlebihan. Baik hypertrophic scar maupun keloid kadang-kadang dapat terasa gatal atau sakit. 

Keloid berhubungan dengan warna kulit seseorang. Orang yang berkulit gelap lebih berisiko mengalami keloid. Hypertrophic scar bisa dialami siapa saja tanpa dipengaruhi warna kulit.

Penanganan medis untuk menghilangkan bekas luka adalah sebagai berikut :

  • Operasi (surgical scar removal / excision)
  • Aplikasi silicone gel sheet yang disertai dengan bahan yang memberi tekanan : untuk meratakan hypertrophic scar dan keloid
  • Injeksi steroid : untuk menghilangkan hypertrophic scar dan keloid
  • Transfer lemak (lipofilling) : untuk mengatasi bekas luka karena hilangnya jaringan
  • Laser untuk menghilangkan pigmentasi
  • Laser untuk skin resurfacing : biasanya diterapkan pada acne scar
  • Pressure treatment : untuk meratakan hypertrophic scar dan keloid, dapat dikombinasikan dengan silicone sheet maupun tidak
  • Medical tattoing/ kamuflase bekas luka : untuk menyamakan warna bekas luka dengan kulit di sekitarnya
Cara saya menghilangkan bekas luka 


Saya nggak memilih penanganan medis untuk menghilangkan bekas luka membandel. Saya pernah ke dokter spesialis kulit dan kelamin hanya untuk mengobati iritasi dan alergi, untuk mengatasi masalah lainnya saya pilih cara herbal.

Saya menggunakan jelly gamat (jelly teripang) untuk dioleskan ke bekas luka. Yang saya pakai adalah merek Luxor. Brand ini dulu dijual secara multi level marketing (MLM), kayaknya sekarang masih begitu. Luxor terkenal dengan produk jelly gamat dan tablet suplemen spirulina. Ibu saya dulu pengguna jelly gamat dan spirulina untuk mengontrol kadar gula darahnya (beliau penderita diabetes mellitus). Saya iseng nyoba jelly gamat untuk bekas luka karena membaca brosurnya. Isi brosurnya kurang lebih sama dengan yang tertulis di websitenya.

Saya nggak sedang promosi jelly gamat dari Luxor ya, saya nggak disponsori kok

Yang biasa digunakan sebagai obat herbal adalah teripang emas (golden sea cucumber) alias Sticophus hermanni. Jelly gamat dari Luxor mengandung 34% ekstrak teripang emas. Jelly gamat yang dijual sebagai herbal umumnya ya segitu aja kandungannya, karena itu baunya tidak amis.

Sticophus hermanni (teripang emas) digunakan untuk pengobatan

Kandungan teripang emas yaitu :
  • Protein 86,8 %
  • 80% kolagen
  • Mucopolysaccharida/glycosaminoglycan (GAGs)
  • Chondroitin Sulfat dan Glukosamin
  • Omega-3
  • Mineral (zat besi, zinc, kromium, dan selenium)
  • Bio Active Element (Cell Growth Factor/CGF)
Semua pasti sudah tahu fungsi kolagen kan? Kolagen merupakan komponen penyokong jaringan, salah satunya jaringan kulit. Luka merusak ikatan kolagen sehingga harus diperbaiki. Pertumbuhan kolagen yang tidak normal menyebabkan bekas luka kompleks seperti keloid atau hyperthropic scar.

Mucopolysaccharida/glycosaminoglycan (GAGs) adalah suatu bentuk senyawa karbohidrat kompleks, banyak terdapat pada kulit dan tulang rawan. Glycosaminoglycan juga banyak terdapat dalam lendir siput. Para pecinta skincare yang mengandung snail pasti sudah merasakan bahwa lendir siput memang mampu melembabkan, menghaluskan, mengenyalkan, dan mengencangkan wajah. Glycosaminoglycan memang berfungsi sebagai komponen penyusun kolagen dan elastin yang berfungsi sebagai jaringan penyokong kulit. Pernah dengan hyaluronic acid? Hyaluronic acid adalah salah satu bentuk glycosaminoglycan yang ada di kulit. Chondroitin sulfate dan glucosamine adalah glycosaminoglycan yang terdapat pada tulang rawan.

Saya rasa sudah banyak yang tahu manfaat omega-3 untuk kulit ya. Omega-3 mengurangi peradangan, memperbaiki tekstur kulit, melembabkan kulit, dan menjaga elastisitas kulit.

Menurut hasil penelitian Prof. Ridzwan Hashim dari National University of Malaysia, teripang mengandung cell growth factor (CGF) yang menstimulus proses regenerasi sel dan berperan untuk mempercepat penyembuhan luka. 

Hebat banget khasiat gamat (teripang) untuk kulit, lebih unggul daripada lendir siput. Jika kalian tertarik mencoba jelly gamat, biasanya di apotek ada kok. Tapi bukan merek Luxor karena Luxor itu kayaknya menggunakan sistem MLM dan online. Jelly gamat dari Luxor sekarang harganya 235 ribu yang isi 350 ml. Saya pernah lihat jelly gamat di apotek, harganya bervariasi antara 110 - 180 ribu isi 320 - 350 ml. Saya lupa mereknya apa saja. Yang ditawarkan di online shop biasanya merek Bio Gold, Gold-G dan lain-lain.

Review Jelly Gamat

Mungkin ada yang mikir, kok susah amat ya harus jelly gamat. Tidak ada alternatif lainkah?  Ya gimana lagi, saya kan cuma mereview berdasarkan pengalaman. Yang pernah saya coba dan terbukti efektif untuk bekas luka knalpot & hypertrophic scar adalah jelly gamat. Saya belum pernah mencoba produk-produk jaman sekarang seperti Bio Oil dan Dermatix. 

Saya menggunakan jelly gamat pada tahun 2006 untuk dioleskan pada bekas knalpot yang sudah ada sejak tahun 1997 dan 2005. Saya masih ingat warna hitamnya memudar dalam 1 bulan dan benar-benar hilang setelah 2 bulan. Pada tahun 2011 saya mengoleskannya di hypertrophic scar, teksturnya merata dalam 1 bulan tapi warnanya masih belang. Warna belangnya pelan-pelan memudar dalam 2 bulan dan hilang sama sekali dalam 3 bulan. Cara penggunaannya cukup dioleskan tipis-tipis, jika kena air oleskan lagi. 

Jelly gamat tidak terasa mahal karena bisa digunakan sebagai obat herbal untuk penyakit lainnya (diabetes, maag, asma, ambeien, kolesterol, arthritis/radang sendi) dan meningkatkan kesehatan secara umum. Cukup hemat karena ibu saya dulu menggunakannya secara irit, 1 botol isi 350 ml bisa untuk 2 bulan dan hasilnya signifikan untuk menurunkan kadar gula darah. Saya juga hanya boleh menggunakannya sedikit, 1 tetes aja untuk dioleskan ke bekas luka. Biarpun diirit-irit tapi hasilnya memuaskan.

Untuk bekas luka ringan

Karena sekarang bekas luka saya yang parah sudah hilang, saya sudah tidak menggunakan jelly gamat lagi. Kebetulan ibu saya sudah berhenti mengonsumsi jelly gamat untuk diabetes, sekarang beralih ke herbal lainnya, yaitu jamur kuping hitam (Auricularia polytricha) yang lebih murah.

Jika ada bekas luka ringan seperti luka gores atau lecet, saya suka menggunakan madu dan rempah-rempah. 

Saya sering banget mengalami luka gores. Itu perbuatan kelinci saya, kadang nakalnya kumat dan suka mencakar orang. Bekasnya seperti ini :

Bukan foto saya, saya dapat dari sini

Cara paling efektif untuk mencegah bekas luka seperti ini adalah dengan obat luka tradisional yang terbuat dari :
  • Madu
  • Rempah-rempah bubuk (kunyit, jahe, kayu manis) dengan perbandingan 1:1:1
Madu dan campuran rempah-rempah bubuk ini berfungsi sebagai obat luka yang mencegah infeksi. Lho, kan bisa dengan Betadine? Ya, memang bisa diobati dengan Betadine, tapi Betadine tidak bisa mencegah timbulnya bekas luka.
Povidone iodine dalam Betadine bisa menyembuhkan luka, tapi tidak mencegah timbulnya bekas luka

Jika menggunakan obat luka dari madu & rempah-rempah, luka juga cepat sembuh tapi tidak menimbulkan bekas. Ini berdasarkan pengalaman saya yang sudah berkali-kali dicakar kelinci (dan kucing tetangga). Tertarik untuk mencoba? 

Lalu jika sudah terlanjur ada bekas luka gores bagaimana? Biasanya saya gunakan resep ini :
  • Madu
  • Kencur
  • Air jeruk nipis
Karena tidak ada kencur bubuk, saya gunakan yang segar. Kencur diulek halus lalu dicampur madu dan air jeruk nipis dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Oleskan ke bekas luka sebagai masker, bisa digunakan beberapa kali sehari.

Mengapa bahan-bahan di atas? 

Madu termasuk bahan yang sering digunakan dalam DIY skincare karena banyak khasiatnya, antara lain :
  • Melembabkan kulit
  • Mempercepat penyembuhan luka dan bekas luka
  • Menyembuhkan luka bakar dan peradangan
  • Mencegah & merawat eksim, psoriasis, acne
  • Mengurangi bekas jerawat
  • Mengurangi garis halus
  • Mengencangkan kulit
Nutrien yang terkandung dalam madu yaitu vitamin B kompleks (thiamin, riboflavin, niacin, panthotenic acid, pyridoxine), vitamin C, kalsium, copper, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, natrium dan zinc.

Zat antibakteri dalam madu yaitu hydrogen peroxide (tidak ada dalam manuka honey), lysozime dan flavonoid. Hydrogen peroxide mengaktifkan makrofag pada sistem imun, makrofag bertugas "memakan" mikroba dan sel-sel tubuh yang telah mati.

Tapi jangan salah paham, bukan berarti manuka honey tidak punya zat antibakteri. Manuka honey justru yang terbaik dalam membunuh bakteri (juga jamur, virus, dan sel-sel kanker) karena kandungannya yang unik, yaitu methylglyoxal. Methylglyoxal atau MGO hanya ada di manuka honey, membuat manuka honey dikenal sebagai medicated honey. Semakin tinggi nilai MGO, semakin manjur khasiatnya dan makin mahal harganya.

Yang penting lagi, madu menstimulasi kulit untuk memproduksi hyaluronic acid. Seperti yang saya bilang tadi, hyaluronic acid adalah penyusun kolagen.


kayu manis

Kayu manis (Cinnamomum burmaniimengandung cinnamaldehyde dan proanthocyanidin yang bersifat anti inflammatory dan antibakteri, dapat mengurangi peradangan dan meredakan infeksi.

Cinnamaldehyde pada kayu manis juga meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga kulit menjadi lebih elastis, selain itu juga efektif untuk mengurangi peradangan pada luka dan memudarkan bekas luka. Namun cinnamaldehyde & eugenol pada kayu manis dapat menyebabkan iritasi pada sebagian orang akibat dengan gejala ruam kemerahan, perih, panas. 

Kunyit (Curcuma longa) mengandung curcumin yang bersifat sebagai antioksidan, anti peradangan, antiviral, antibakterial, antijamur dan antikanker. Curcumin merupakan modulator bagi enzim-enzim dalam tubuh yang berperan dalam detoksifikasi. Curcumin dapat menyembuhkan beberapa jenis masalah kulit seperti acne, psoriasis, scleroderma, vitiligo, aging, iradiasi, kanker kulit (melanoma) dan penyembuhan luka. Curcumin dapat meningkatkan produksi kolagen dan fibroblast sehingga mempercepat penyembuhan luka, juga meningkatkan elastisitas kulit. 

Kunyit dan jahe

Jahe (Zingiber officinalemengandung zat aktif zinerone, shogaol dan gingerol yang bersifat antioksidan dan antibakteri. Jahe banyak digunakan untuk mengatasi jerawat dan psoriasis, sebagai anti aging, mencerahkan kulit, menyembuhkan sunburn, menyembuhkan luka dan bekasnya.

Kencur

Kencur (Kaempferia galanga) mengandung senyawa cineol,  borneol,  3‐carene,  camphene, kaempferide, cinnamaldehyde, p‐methoxycinnamic acid, ethyl cinnamate and ethyl‐p‐methoxy cinnamate. Seperti rempah-rempah lainnya, kencur bersifat antioksidan dan antimikroba. Cinnamaldehyde juga terdapat pada kayu manis, sifatnya dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Bekas luka ada yang menghitam karena hiperpigmentasi. Saya pilih kencur untuk menghilangkan bekas hitam itu karena kencur mengandung ethyl-p methoxycinnamate. Ethyl-p methoxycinnamate yang terkenal sebagai anti UV B juga dapat menghambat produksi melanin penyebab hiperpigmentasi. 

Sekian postingan hari ini. Semoga bermanfaat ya.



Referensi :


Disclaimer

  • Review ini berdasarkan pengalaman pribadi, hasilnya dapat berbeda-beda di setiap orang tergantung jenis bekas luka.
  • Artikel ini boleh dicopy atau dikutip dengan sedikit perubahan dengan mencantumkan link blog ini sebagai sumbernya.



46 komentar:

  1. Wah, udah lama nggak denger Jellt Gamat! Duluuuu, jaman aku belum suka2 amat sama make up dan belum ngeblog nih, si Jelly Gamat ini sering loh, Tang, diomongin di forum2 kecantikan kaya female daily gitu. Dijadiin rutin skincare gitu buat muka, tapi aku lupa digimanain. Katanya sih hasilnya memang oke banget. Tapi entah kenapa kok cuman jadi trend sesaat. Sekarang udah ga pernah dibahas lagi.

    Aku mau nyoba pakai Jelly Gamat juga ah. Kakiku banyak banget luka bekas gigitan nyamuknya :(. Terus aku habis kena herpes, bekasnya bentuknya jeleekkk T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. di kalangan orang2 sepuh masih kondang lho mbak (soalnya buat obat).
      mungkin dibuat maskeran ya, soalnya kalo dijadiin moisturizer bekasnya kayak lem kering gitu.
      tapi emang hebat banget ini jelly gamat, bekas luka bertahun2 aja bisa ilang. aku senang sekali hehehe..
      ayo dicoba aja mbak.. semoga berhasil ya

      Hapus
  2. jelly gamat rasanya enak kyk siwalan :) gara2 tabrakan jd keloid gede di dengkul, mau takkasih gamat lah sapa tau bs ilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, rasanya kayak siwalan hehehe..
      wah buat keloid yg gede mudah2an bisa bay..bekas lukaku nggak terlalu nonjol sih

      Hapus
  3. Hai sis, kalau untuk menyembuhkan bekas jerawat pakai apa sis? ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung bekasnya kayak gimana
      kalo cuma berupa flek hitam atau merah bisa pakai bengkoang/kencur/madu & rempah2

      Hapus
  4. Belinyaa dimanaa? Apotek? Hihi
    Mau dong pake kencur, brrti cara pakemya dihalusin gitu yaah mbaak?
    Kalo dijadiin masker gitu bisa? Boleh dipake brp hari sekali?
    Thanks
    Widya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di apotek & toko2 herbal biasanya ada. kalo di semarang banyak sih toko herbal yg pasang tulisan "di sini jual jelly gamat"

      kencurnya dihalusin, bisa buat masker tapi sebaiknya dicampur bahan lain (misal tepung beras/oatmeal), 1x sehari. buat dioles ke bekas luka cukup kencur+madu, bisa beberapa kali sehari.
      sama2 widya..

      Hapus
    2. Oh iya di daerah mananya kak?
      Di gunungpati gak ada yg luxor adanya yg gold-g.

      Hapus
    3. kalo di toko herbal sepanjang jalan majapahit adanya juga merek yg ada kata gold itu, gold-g, bio gold atau apa ya..lupa
      luxor memang MLM, bapakku beli di temennya yg member luxor

      Hapus
  5. Mbak baca ini kok serem ya.. gambar2 luka dan teripangnya itu hiiiiii...
    Bikin post ttg body lotion bervitamin e dong mbak, lagi kering2nya ini kulit. Kayaknya emang trend kulit kering deh ya akhir2 ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. teripangnya memang bikin geli bentuknya
      kalo aku posting DIY body lotion ntar pada kebingungan cari bahannya dimana. nggak semua orang lokasinya dekat dengan toko kimia,dan nggak semuanya suka belanja bahan DIY secara online. lha gliserin aja banyak yg bingung dimana belinya.

      aku sih biasanya pakai DIY body toner spray, semacam moisturizing spray yg ada vit E. udah aku posting di blog ini.

      Hapus
  6. jelly gamat bisa buat acne scar tipe ice pick (lubang kecil2 sebesar lubang jarum) ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya sih bisa, soalnya kandungan kolagen, glikosaminoglikan & CGF nya tinggi. tapi aku pun belum pernah nyoba buat ice pick scars.

      Hapus
  7. rempah memang bagus buat obat luka mbak, cepet sembuh & gak bekas. biasanya aku pake air aja tanpa madu. tp klo dikasi madu lbh bagus nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, rempah memang bisa menyembuhkan luka tanpa bekas. coba dicampur madu deh, lebih oke lagi buat mencegah infeksi & bekas luka

      Hapus
  8. Nenekku minum gamat jg buat ngobatin diabet kak. Klo diolesin ke gangrene bisa cepet sembuh. Baru tau nih trnyata bisa buat skincare & penghilang bekas luka. Kakakku pake Bio Oil, udah 2 bulanan ngga ilang2 bekas luka knalpotnya. Coba ntar kusuruh dia pake gamat. Thanks kak Lintang ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bisa buat obat gangrene juga. sebenernya daripada lendir siput jauh lebih baik kandungannya gamat lho. buat skincare bagus banget.
      ya, coba aja. semoga cepet ilang bekas luka kakakmu.
      sama2..

      Hapus
  9. Klw bekas luka karena eksim bisa ya mba ?

    BalasHapus
  10. Kalo bekas gigitan nyamuk pakai madu sama rempah bubuk bisa hilang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa tapi lama.. yg alami2 memang lama tapi hasilnya bagus kalo sabar

      Hapus
  11. Mbak lintang, kalau jelly gamat untuk sleeping pack untuk mata boleh gak ya? Saya biasanya sebelum tidur pakai jelly gamat semuka+mata, pagi bangun tidur baru dibilas.
    Oh ya kenapa kalau bagian mata tidak boleh kena masker? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, soalnya jelly gamat kan nggak ada bahan irritant nya.
      soalnya kulit di area mata lebih tipis & rentan iritasi, jadi nggak boleh dikasih masker yg bahannya harsh.

      Hapus
    2. Oww sip sip. Kirain gamat nggak boleh kalau kena area mata krn pas kering kaya pake lem itu.. hehe...
      Berharap kerutan ilang..

      Oh ya bahan harsh maksudnya gimana ya?
      Kalau kata temen sy karena masker bikin kenceng untuk daerah mata, nanti malah tambah keriput..
      Kapan2 bikin tulisan khusus untuk perawatan area mata dong hehehe
      Makasih ^__^

      Hapus
    3. lho, aku juga sering pakai madu di area mata lho.. rasanya agak ketarik, kencang gitu. tapi malah bisa mengurangi penampakan garis2 halus. dulu waktu belum suka merawat muka daerah mataku banyak garis halus & agak hitam, jadi kayak tua. sekarang udah mendingan..

      kulit daerah mata memang tipis kan. misalnya masker rempah2 nggak boleh kena area mata, nanti kulitnya gampang kering dan keriput.
      krim muka nggak boleh kena di bagian mata, soalnya nanti bisa timbul milia. dan sebagainya..

      oke sip, nanti aku bikin. sama2..

      Hapus
  12. Ya ampunnnn merinding disko ngeliat gambar teripang emas (aku takut banget sama ulat dan 'mereka' mirip, hehe)

    Oiya Kak, aku kan punya bekas cacar diwajah bentuknya bopeng gitu (bekas cacar air waktu kecil).. kira2 bisa dihilangin dengan cara herbal gak ya? Aku googling nemuinnya harus operasi mulu, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. iya, bentuknya mirip ulat ya.
      bekas cacar air coba dioles pakai gamat jelly/minyak ikan. yg tumbuhan coba rumput laut.
      biasanya emang produk2 laut gitu yg oke buat ngilangin bopeng.

      Hapus
    2. wahhh? Maksih sarannya.... oiya.tolong rekomendasiin merk gamat jelly/minyak ikan yang bagus berikut kisaran harganya ya, hehe

      Hapus
    3. gamat jelly paling bagus merek luxor, harganya 235ribu isi 350ml, bisa dibeli di websitenya kalo nggak ada agennya di kotamu.
      minyak ikan yg merek scott's (bukan scott's emulsion ya, yg ini kapsul minyak ikan untuk dewasa). harganya 50ribu, isinya 100 kapsul kayaknya..

      Hapus
  13. Kak bahasannya bermanfaat banget

    Oiya kalo buat luka bekas cacar berupa bopeng-bopeng kayak gitu bisa diilangin selain pake operasi? Mohon bantuannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya pakai jelly gamat/minyak ikan. yg tumbuhan bisa coba rumput laut.
      untuk bopeng bagusnya ya produk laut gitu

      Hapus
  14. Kak pengalaman kakak pake Jelly gamat buat bekas knalpot berapa lama hilangnya?

    BalasHapus
  15. sis vitacid bisa menghilangkan bekas luka menahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo rajin mungkin bisa. vitacid kan mulai keliatan hasilnya setelah 6 bulan pemakaian

      Hapus
  16. Bekas nyamuk hilang lebih cepet pake apa mbak? Madu dan rempah atau jelly gamat itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih cepet gamat jelly. madu-rempah agak lama

      Hapus
  17. Dessy
    Jangan berhenti ngeblog ya kak Lintang..
    Semua artikelnya bener2 bergunaaaa !!!
    Oh ya, jelly gamat kalo buat muka daerah dagu boleh ya kann? Olesnya di lukanya aja atau boleh kena pinggiran luka jg?
    Ak punya hypertrophic scar dan bentuknya tipis kecill banget.. warnanya juga kayak warna kulit muka.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih dessy..
      iya, jelly gamat boleh dioles di dau. buat maskeran pun boleh.
      diolesnya di daerah lukanya.
      hmm.. hypertrophic scar yg kayak gitu sih cepet ilangnya, sebenernya nggak diapa2in pun bakal hilang sendiri hehehe

      Hapus
  18. Aku punya bekas luka keloid, menonjol dan menghitam sudah 1 th ini,,,, cb pake meilibeling, dermatix, dermakel,,, tidak ada perubahannya:(...sekarang lg cb bio oil......tp juga tidak ada efeknya,,,,,, apa bisa dengan jelly gamat mba,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata temenku yg perawat, keloid nggak bisa disembuhkan pakai apapun yg dioles. cuma bisa dengan operasi. kalo hypertrophic scar sih bisa.
      jadi daripada buang2 uang untuk beli obat oles, sebaiknya operasi aja. katanya sih operasi keloid nggak mahal

      Hapus
  19. Salam kenal kak lintang. Blog nya bagus banget deh kak :) aku baru mau cobain diy skincare ala kak lintang. Biasanya sih aku pake masker organik yang rame dijual online itu dan baru tau ternyata bisa bikin sendiri dengan harga yang lebih murce, hihii
    Oiya kak, jelly gamat emang bagus banget. Dulu alm orangtuaku rutin pake jelly gamat luxor ini juga buat diminum. Tapi kata mereka jelly nya juga bisa buat ngobatin luka.
    Eh ternyata beneran, ponakanku umur setahun tangannya kena air panas langsung dari dispenser terus sama ibuku langsung dioles jelly gamat di bagian luka bakarnya. Ajaib, dalam beberapa jam langsung kering. Nagisnya berhenti terus besoknya malah udah ga ada bekas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kartika, makasih yaa..
      ayo coba bikin sendiri, bisa langsung dicoba tanpa harus lama nunggu barang dikirim hehehe..
      betul, jelly gamat emang bagus. untuk luka bakar lebih cepet jelly gamat deh daripada bioplacenton. luka lecet juga bisa cepet sembuh & nggak berbekas.
      soalnya teripang sendiri regenerasi selnya keren sih, teripang hidup kalo badannya diputus (selama belum kena organ dalamnya) bisa tumbuh lagi

      Hapus
  20. hai Lintang, ma nanya lagi, untuk hilangin bekas luka / bekas jerawat setelah dioles jelly gamat harus didiemim brp lama sebelum dibersihkan? di bersihkannya cukup pakai air atau..? terima kasih

    Oiya Selamat Natal yaa :)

    -Merry-

    BalasHapus
  21. @merry : selamat natal & tahun baru ya *telat ngucapinnya*

    biasanya dioles aja, biarkan seharian/semalaman, dibilasnya sekalian waktu mandi.

    BalasHapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah