Minggu, 21 Desember 2014

DIY Apple Cinnamon Mask

Halo..

Wah, sudah lama saya nggak update blog. Sibuk banget soalnya, diperparah dengan koneksi internet yang tidak mendukung. Sesuai janji, saya akan membagi resep yang gampang. Resep ini sebenarnya sudah sering saya gunakan sebelum ngekos, hampir sama seperti DIY Masker Pisang Rempah tetapi beda buah dan takarannya.

Apel sangat bagus untuk yang punya masalah kulit kering dan aging, tapi juga bagus banget untuk yang kulitnya berminyak. Sifat apel menyeimbangkan kadar air dan minyak di kulit, jadi semua jenis kulit bisa menggunakan apel. Karena ada cinnamon dan madu, masker satu ini bisa mengurangi peradangan pada jerawat, juga mencegah jerawat muncul (bagi yang cocok dengan bahan-bahannya). Inilah resepnya..




Bahan :

Apel (apapun jenisnya) ............ 1/4 buah
Tepung beras .......................... 1 sendok teh
Madu ...................................... 1 sendok teh
Kayu manis bubuk ................... 1/2 sendok teh


Cara membuat :

1. Parutlah apel, tambahkan 1 sendok teh tepung beras.


2. Tambahkan 1/2 sendok teh kayu manis bubuk.


3. Tambahkan 1 sendok teh madu.


4. Aduk rata, masker siap digunakan.


Cara menggunakan :

Bersihkan wajah dari makeup, debu dsb dengan facial foam/facial cleanser, keringkan. Gunakan masker ini selama 15 - 30 menit, lalu bilas dengan air. Setelah itu gunakan toner.

Penggunaan masker ini sebaiknya 2x seminggu, jangan tiap hari. Maskeran tiap hari boleh, tapi bahannya seharusnya diganti-ganti. Tujuannya agar kulit tidak cepat jenuh.

REVIEW

Masker ini wanginya enak lho, karena ada apel, cinnamon dan madunya. Waktu maskeran juga enak di kulit, ada rasa hangat sekaligus adem.

Apel apa saja bisa digunakan, tapi saya paling suka apel malang, baik yang jenis manalagi maupun Rome Beauty. Mengapa? Karena kadar antioksidannya lebih tinggi. Apel malang punya kadar quercetin & vitamin C lebih tinggi daripada apel impor. Mungkin banyak orang yang lebih suka apel impor, tapi bagi saya yang lebih oke manfaatnya adalah apel lokal.

Setelah menggunakan masker ini, kulit terasa lembab, halus, dan cerah. Kulit saya yang super kering karena seharian kerja di ruang ber-AC jadi lembab lagi dan nggak flaky.

Efeknya untuk jerawat gimana? Sayang banget saya belum pernah membuktikannya, karena waktu maskeran dengan resep ini saya selalu nggak sedang jerawatan. Tapi seharusnya bisa sih, karena ada cinnamon dan madu.

(+) Bisa digunakan untuk semua jenis kulit (asalkan cocok dengan bahan-bahannya)
(+) Wanginya enak
(+) Melembabkan kulit yang sangat kering

(-) Agak perih jika terkena di kulit yang luka

Recommended? Ya, untuk semua jenis kulit

Tentang Ingredients

Apel (Malus domestica) terkenal sebagai buah yang kaya antioksidan, coba lihat di gambar berikut ini..

Total Antioxidant Capacity
Antioksidan pada apel lebih tinggi daripada pisang, anggur, blueberry, strawberry, jeruk mandarin. 
Bahkan lebih tinggi daripada acai berry, manggis dan mengkudu

Antioksidan kuat pada apel adalah flavonoid, antara lain quercetinepicatechin, dan procyanidin B2. Antioksidan ini terdapat pada kulit apel. Antioksidan melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan sel.

Apel mengandung vitamin A dan C yang berguna untuk pembentukan kolagen. Vitamin C juga berperan dalam mencegah pematangan melanosome pada pembentukan melanin sehingga dapat mencerahkan kulit & memudarkan flek. Kandungan vitamin pada apel yaitu :
(0%)
3 μg
(0%)
27 μg
29 μg
Thiamine (B1)
(1%)
0.017 mg
Riboflavin (B2)
(2%)
0.026 mg
Niacin (B3)
(1%)
0.091 mg
(1%)
0.061 mg
Vitamin B6
(3%)
0.041 mg
Folate (B9)
(1%)
3 μg
Vitamin C
(6%)
4.6 mg
Vitamin E
(1%)
0.18 mg
Vitamin K
(2%)
2.2 μg
sumber


Seperti yang sudah saya sebutkan, antioksidan pada apel malang lebih tinggi daripada apel impor. Ini hasil penelitiannya :

"Malang" yang dimaksud oleh peneliti adalah apel malang varietas Rome Beauty


Mungkin ada yang belum tahu varietas apel malang Rome Beauty dan manalagi. Apel malang Rome Beauty warnanya hijau dan ada aksen kemerahan, rasanya manis campur asam. Apel manalagi warnanya hijau, rasanya tidak seasam Rome Beauty. Saya sangat merekomendasikan apel Rome Beauty untuk DIY skincare dan konsumsi sehari-hari, antioksidannya juara!

Apel malang Rome Beauty, favorit saya


Apel malang manalagi

Cintai produk Indonesia, cintai buah lokal. Yang impor nggak selalu lebih baik dari yang lokal, hehehe..



Referensi :

Taufik, Y. 2009. Kajian Laju Penurunan Kadar Vitamin C Beberapa Varietas Apel (Mallus sylvestris sp) pada Suhu Penyimpanan Berbeda. Jurnal Infomatek 11 (3) : 157 - 172.

Cempaka A.R., Santoso S., Tanuwijaya L.K. 2014. Pengaruh Teknologi Pengolahan (Juicing dan Blending) terhadap Kandungan Quercetin Berbagai Varietas Apel Lokal dan Impor (Malus domestica). Indonesian Journal of Human Nutrition 1(1) : 14 - 22.

Disclaimer :
  • Review dibuat berdasarkan pengalaman pribadi, hasilnya dapat berbeda-beda di setiap orang sesuai kecocokan terhadap bahan
  • Artikel ini dapat dicopy atau dikutip dengan sedikit perubahan, dengan mencantumkan link blog ini sebagai sumbernya.



24 komentar:

  1. aku pernah pake apel merah buat maskeran & gak ngefek. tp pake apel malang yg ijo ngefek lohh buat ngilangin bekas jerawat. aku gak tau itu jenisnya apa, ada merahnya dikit & ada kecutnya. berarti rome beauty yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, itu apel malang rome beauty, memang bagus banget untuk dijadikan DIY skincare. antioksidannya lebih banyak dari apel merah impor

      Hapus
  2. Kak, kalo ga cocok pake cinnamon enaknya diganti apa ya buat kulit oily plus acne prone?? Kalo ga pake cinnamon gitu gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kunyit atau jahe cocok nggak? misalnya nggak cocok sama sekali sama rempah2 nggak usah dipaksakan. kan ada banyak bahan yg bagus buat kulit oily & acne prone (misalnya teh hijau, timun, daun jambu biji dll)

      Hapus
    2. Thank you kak~
      Aku dulu cocok pake kunyit, tapi entah kenapa ga ngefek lagi T_T...
      Kalo pake teh hijau yg dipake air seduhan atau teh bubuknya ya?? Hehe, sorry banget ya, aku banyak nanya :) thanks kak lintang~

      Hapus
    3. sama2..
      bahan DIY kalo dipakai terus menerus tanpa ada variasi biasanya memang gitu sih..jadi nggak ngefek.
      biasanya air seduhan. mau pakai yg bubuk juga boleh sih, tapi berdasarkan pengalaman nih, teh bubuk jepang vs teh tubruk indonesia lebih manjur yg teh tubruk indonesia hehehe..

      Hapus
    4. Sip! Sip!!!!! Teh dari tanah indonesia lebih mantep ya??
      Oke deh!! Langsung mau cuss deh kalo gitu,,hehe
      Thank you banget buat resep2 DIY nya ya~~ bermanfaat sekali !!! >w<

      Hapus
    5. oke sama2..silahkan mencoba

      Hapus
  3. Kak ku knpa klo pke pelembab/sunblock muncul jerawat gtu yak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. pelembab & sunblocknya merek apa, ingredientsnya apa.
      biasanya orang cuma nggak cocok dengan beberapa ingredients aja, bukan keseluruhan ingredientsnya. yg bikin jerawatan itu ingredients yg sifatnya comedogenic.

      Hapus
  4. wah bahas apel. kebetulan aku punya pertanyaan ttg apel nih. dari sekian banyak DIY yg lo buat kok gw gak nemu ya diy tonercuka apel atau cuka apel sbg pelarut masker bubuk? gw dulu pernah nyoba bikin toner apel, tapi kok hasilnya gak sebagus fermented rice toner? kan sama2 fermentasi. mohon pencerahan dari sudut pandang seorang DIY skin care creator. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa aku nggak pernah pakai cuka apel? soalnya aku nggak suka baunya. dulu pernah nyoba cuka apel tahesta dilarutkan air, baunya aku nggak tahan.
      kenapa aku nggak pernah bikin cuka apel? karena prosesnya lama. optimalnya 4 minggu. kalo tanpa diberi kultur ragi & bakteri optimalnya 2-3 bulan.

      soal toner apel, hasilnya nggak bisa dipaksakan bagus di semua orang, tergantung kecocokan terhadap bahan. tergantung jenis kulit, pH kulit, riwayat alergi, golongan darah dll. bagus di aku bukan berarti bisa bagus di orang lain.

      Hapus
  5. kak lintang kalo itu tepung beras ada khasiatnya & aman buat oily/acne prone gak? trus bagus gak kalo ditambah sama bubuk teh hijau? soalnya pengen cari2 pengganti si kayu manis ini sayang tak manis khasiatnya diwajahku malah bikin gatel :( mohon pencerahannya kak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepung beras itu buat oil control, juga bisa menghilangkan kusam.
      bagusan pakai teh tubruk, atau isi teh celup yg lokal. teh hijau jepang nggak terlalu oke.
      kalo gitu nggak usah pakai kayu manis..

      Hapus
  6. semua merk kak, sunblock pke parasol spf 33, smenjak berenti pke vitacid muka jdi jerawatan mulu kak.. kusem, berminyak, bekas jerawat dmna2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh, habis berhenti dari vitacid ya.
      vitacid itu kan mempercepat regenerasi sel kulit. kalo kamu berhenti dari vitacid, regenerasi kulitmu kembali lagi jadi lambat, makanya kusam. tapi vitacid sendiri nggak bikin ketergantungan.

      Hapus
  7. sekarang lgi rutin pke diy pitera+tomatoes, bagus sih bekas jerawat cukup memudar, tpi ini jerawatnya gk mau berenti kak, berminyak sedikit jerawatan, kena polusi jerawatan ;-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyebabnya bakteri di kulitmu tumbuh subur karena pH kulit kamu ketinggian (cenderung basa). kamu rajin aja pakai skincare (boleh diy atau yg pabrikan) yg sifatnya agak asam.

      Hapus
  8. Kalo pakai masker itu boleh ga setiap hari?
    Apa harus setia pada satu bahan? Atau misalnya campuran apel n kayu manis ini terus, atau boleh ganti2 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru harus ganti2, supaya kulit nggak cepat jenuh..
      maskeran boleh tiap hari, tapi bahannya harus bervariasi, nggak boleh sama terus

      Hapus
  9. aku maskeran pake kunyit tiap hari nih kak. wah bisa jenuh ya kulitnya? kalo jenuh itu jdnya cuma gak ngefek lg atau bisa malah muncul jerawat kayak break out gt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo jenuh biasanya nggak ngefek lagi. tapi ada juga orang yg kalo kulitnya jenuh malah jerawatan.
      misalnya udah jenuh gitu harus stop dulu dalam waktu lama, baru boleh pakai lagi

      Hapus
  10. Mbak Lintang mau tanya. Penyebab jerawat kecil2 yang di dahi itu apa ya? Jerawatnya kayak komedo, kecil2, gak meradang, tapi dikasih apa2 juga teteeeep aja ada. Jadi kalo diliat itu kayak ada printil2 di dahi gitu, jadi gak rata. Trus kira2 ngilanginnya gimana yaa. Thanks in advance ya mba
    -fia-

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu memang komedo, tapi jenisnya komedo tertutup. untuk menghilangkannya harus pakai bahan yg agak keras sih (asam/basa/yg kasar). yg basa misalnya baking soda, yg asam misalnya air lemon atau cuka apel (cukanya diencerkan dulu dengan air 1:1). atau pakai masker apapun yg teksturnya kasar.
      tapi jangan sering2, 2-3x seminggu cukup. setelah itu juga wajib pakai toner/pelembab yg sifatnya moisturizing

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah