Minggu, 07 Desember 2014

DIY Belimbing Wuluh Liquid Mask

Hai..

Saya kembali lagi dengan DIY modifikasi resep tradisional. Siapa sih yang nggak tahu manfaat belimbing wuluh untuk kulit? Buah yang super asam ini merupakan salah satu resep nenek moyang kita untuk mempercantik kulit. Khasiatnya nanti kita bahas ya, makanya dibaca dulu sampai selesai.

Dimodifikasi supaya lebih mild di kulit

Bahan yang diperlukan :

Belimbing wuluh ........... 1 buah
Garam dapur ............... seujung sendok teh
Madu .......................... 1 sendok teh
Distilled water ............. 100 ml


Saya menggunakan demineral water dari Indomaret, ini adalah distilled water yang paling gampang ditemukan. Untuk meracik DIY skincare yang acid idealnya memang pakai distilled water, bukan air mineral apalagi air keran. Soalnya komponen-komponen mineral dan logam dalam air bisa saja bereaksi dengan asam, efeknya kurang bagus untuk kulit.


Harganya Rp 2.500 isi 600 ml

Cara membuat :

1. Parut belimbing wuluh, ambil sarinya.

Diparut

Lalu disaring sarinya

2. Tambahkan distilled water.


3. Tambahkan seujung sendok teh garam.


4. Tambahkan 1 sendok teh madu.


5. Kocok hingga rata. 


Daya tahan ramuan ini di dalam kulkas sekitar 4-5 hari. Jika kamu anak kos seperti saya, rendam botolnya di dalam baskom air, daya tahannya sekitar 3-4 hari.

Cara menggunakan 

Ini bukan toner ya, jadi jangan ditumpuk dengan skincare lainnya. Pemakaiannya dengan kapas saat kulit wajah benar-benar kering (bukan lembab setelah mencuci muka). Biarkan selama 1-2 jam, lalu dibilas. Boleh juga digunakan sebagai sleeping mask, pagi harinya dibilas.

Belimbing wuluh tidak boleh dipakai setiap hari, tapi ramuan ini sudah dimodif sehingga aman untuk daily use. Meskipun begitu, tidak dianjurkan untuk dipakai setiap hari, harus diselang-seling dengan DIY mask lainnya supaya kulit tidak jenuh.

Mengapa tidak digunakan sebagai toner? Ya boleh aja dicoba, tapi dijamin bikin muka kucel, apalagi kalo dipakai siang. 

REVIEW

Masker ini mengandung sekitar 16% sari belimbing wuluh, tapi tetap saja agak clekit-clekit di kulit saya. Saya sih nggak berani memakai belimbing wuluh pekat. Saya udah pernah mencobanya, wah perih banget dan bikin kulit saya iritasi. Tapi banyak juga orang yang tahan.

Garam di sini tidak hanya berfungsi sebagai buffer (menjaga pH) tapi juga sebagai exfoliating agent. Liquid mask ini nggak bikin kulit saya kering karena ada madu yang sifatnya moisturizing.

Saya biasa menggunakan ramuan ini untuk sleeping mask, saat dibilas paginya kulit terasa lembut. Kadang ada kulit mati yang terangkat waktu saya mencuci muka. Kalo kulit matinya udah hilang, muka rasanya soft banget dan lebih cerah. 

Waktu ada jerawat, kemerahannya cepat berkurang dan jerawatnya tidak meradang lagi. Cepat sembuh lah pokoknya. Kan memang belimbing wuluh itu obat jerawat.

Untuk menghilangkan bekas jerawat tentunya butuh kesabaran ya, nggak bisa hilang kalo kita baru memakainya selama seminggu.

(+) Jerawat jadi cepat sembuh
(+) Efektif untuk peeling. Kulit mati mudah terangkat, sehingga kulit jadi halus dan cerah

(-) Agak clekit-clekit menurut saya. Wajar lah ya, namanya juga asam.

Recommended? Ya, untuk kamu yang ingin membuat DIY mild peeling, atau ingin menyembuhkan jerawat dan mencerahkan kulit.

Tentang Ingredients


Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) mengandung antioksidan berupa oxalic acid, gallic acid, ferulic acid, flavonoid (luteolin dan apigenin), pektin, dan tannin. 

Oxalic acid (asam oksalat) berfungsi sebagai antimikroba, tetapi sifatnya juga bisa menyebabkan iritasi kulit. Nah, makanya saya nggak berani menggunakan belimbing wuluh pekat. Harus diencerkan dengan air dulu.

Gallic acid selain antioksidan juga sifatnya antimikroba. Ferulic acid adalah antioksidan yang sangat baik untuk melimdungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Belimbing wuluh mengandung banyak vitamin C (15.5 mg/100 g) sehingga dapat mencerahkan kulit. Selain vitamin C, belimbing wuluh juga mengandung vitamin A dan B (thiamin, niacin dan riboflavin).

Belimbing wuluh terbukti dapat menghambat pertumbuhan sejumlah bakteri, seperti Staphylococcus aureus, Bacillus cereus, Salmonella typhii, E. coli, Bacillus subtilis. Oya, Staphylococcus aureus merupakan bakteri penyebab infeksi kulit, selain menginfeksi luka juga menyebabkan jerawat. 

Belimbing wuluh dalam resep perawatan kulit tradisional dikenal manfaatnya untuk :
  • menyembuhkan jerawat
  • mengontrol minyak wajah dan mengecilkan pori-pori
  • mencerahkan kulit
  • menyembuhkan peradangan kulit
  • menyejukkan kulit
  • menjaga elastisitas kulit 
  • mengobati panu
Oke kan manfaat belimbing wuluh.. Tertarik untuk mencoba?


Referensi :

Disclaimer:
  • Review dibuat berdasarkan pengalaman pribadi, hasilnya dapat berbeda di orang lain tergantung jenis kulit dan kecocokan terhadap bahan
  • Artikel ini dapat dicopy atau dikutip dengan perubahan, dengan mencantumkan link ke blog ini.

28 komentar:

  1. Amboi , ada resep baru lagi :)
    kak, mau tanya dong sekarang kakak minum suplemen apa sejak jadi anak kost.
    Terus kakakkan gaksuka luluran, buat ngilangin sel kulit mati dibadan kakak pake apa?
    1 lagi boleh minta nama fb/twitter kakak?
    Maaf ya pertanyaannya borongan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku cuma minum mastin & madu aja kok.. kadang sangobion buat tambah darah
      ngilangin sel kulit mati biasanya aku gosok pakai jari hehehe..
      wah, aku udah nggak pakai fb & twitter lagi

      Hapus
  2. Hai Kak Lintang, aku Rani. Salam kenal, kak :)
    Udah lama jadi silent reader akhirnya bisa komen juga ehe
    Aku udah nyoba beberapa resep DIY Kak Lintang dan sekarang aku jadi lebih suka DIY skincare & ga gampang tergoda skincare pabrikan lagi deh. Yah, meskipun aku ga cocok sama DIY skincare yg difermentasi tp yg lain cocok kok :)
    Duh maaf ya kak komenku ga nyambung sama resep DIY ini...
    Oh, kebetulan di kos persediaan madu sama garam masih ada. Jadi pengen deh bikin liquid mask. Tinggal cari belimbing wuluh sama distilled water, nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo rani.. salam kenal
      katanya comment di blog ini pakai hp susah ya..
      aku ikut senang kalo kamu cocok dengan resepku
      ayo dicoba juga resep yg ini.. semoga berhasil ya

      Hapus
  3. Mbak, buah apa saja yg bisa dijadkan liquid mask? Seperti apel atau anggur atau labu kuning bisa? Atau mungkin bahan lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg dijadikan liquid mask itu buah2 yg asam & banyak antinutriennya (misalnya belimbing wuluh ada asam oksalat yg bersifat irritant)
      kalo apel, anggur gitu nggak usah dijadikan liquid mask, dipakai langsung di wajah juga aman. kalo labu kuning bisa dikukus dulu supaya getahnya nggak bikin gatal

      Hapus
    2. Terima kasih jawabannya, mbak.
      Labu kuning apa nggak rusak anti oksidan nya kalau dikukus, mbak?

      Hapus
    3. sama2..
      dikukusnya sebentar aja, masih sedikit keras, jangan sampai empuk banget.
      kalo nggak dikukus juga bahaya lho, soalnya ada asam oksalatnya

      Hapus
  4. Hallo,Lintang.
    Seriously..you are my favourit blogger.
    I always read and wait for your DIY recipes.
    It really works on me. Thank you.

    Resep ini jg bakal aku coba besok. Hehe.

    Oh ya..di tiap resep nanti jgn lupa utk selalu diberi keterangan daya tahannya kalau ga ditaruh di kulkas seperti di resep ini ya. Soalnya di kosan ga ada kulkas nih. Jd paling diakali di taruh d wadah yg berisi air. Hehe.

    Lintang...ditunggu DIY resep mengurangi rambut rontok ya. Rambutku ini rontoknya bikin keki nih.

    Semangat trs ya,Lintang. Di tunggu resep2 selanjutnya.

    learntobeswan.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai giovani.. makasih yaa
      aku senang resep2ku cocok di kamu

      iya dong, resepku selalu aku kasih keterangan daya tahannya. sama, aku juga anak kost. modal baskom isi air aja buat menyimpan toner DIY.

      buat ngurangin rambut rontok aku udah ada lho resepnya, coba dicari di page DIY recipes for hair

      makasih giovani.. oke sip

      Hapus
  5. lintang, katanya belimbing wuluh jg bisa ngilangin ketombe ya? cara pakenya apa harus dicampur air apa gmn spy gak perih? bisa bikin rontok gak sih krn saking asam/perihnya?

    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, bisa mengurangi ketombe. harus dicampur air hangat & garam. airnya 1 : 1 dengan belimbingnya. garamnya sedikit aja, 1/2 sdt kalo airnya 100 ml
      sama2..

      Hapus
  6. belimbing biasa kayaknya bisa juga nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa.. kalo pakai belimbing biasa nggak perlu terlalu khawatir dengan asam oksalatnya

      Hapus
  7. waaaw, lintang. dirimu baik sekali, semakin rajin deh muter2 di bloq mu. pake yg racikan daun jambu biji, udah mulai kalem lho jerawat di muka koloninya mulai jarang pdhal tdnya gerombolan, tp emang aq campurin jeruk nipis 1sdm ke toner itu. soalnya kan muka ku ph nya tinggi dan lagi2 dirimu benar, klo ph muka ku tinggi & cocok bgt sama yg sifatnya asam.
    Nah,cocok sama yg asem2 yang ini perlu banget dicoba. thank you lintang, nur

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo nur.. wah aku ikut senang kondisi kulitmu membaik
      iya kan, pH kulitmu ketinggian. rajin aja cobain yg acid2 hehehe..
      sama2..

      Hapus
  8. Haloo kak lintang...
    Aku suka bgt sama blogmu, inspiratif bgt!

    Kak boleh gak kpn2, bikin DIY buat ngecilin pori2 lg dong. Soalnya pori2ku kyk kulit jeruk..hiks dulu wktu SMA pernah jerawatan parah soalnya, skrg udah mendingan cm 1-2 aja pas haid. Tp bekas jerawat & pori2 gede msh jd problemku kak, klo kulit berminyak sih gak terlalu ganggu yg penting muka kliatan bersih aja udh syukur :D

    Oya kak aq prnh rutin maskeran pkek tomat dlu buat ngilangin bekas jerawat, and it works for me. Tp suka males soalnya ribet. Nah kali aja kak lintang pnya solusi bikin DIY dari tomat buat acne scar yg ga ribet kyk maskeran tiap hari?
    Hihi

    Duuh..maaf ya kak kepanjangan, ditunggu jawabannya. makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo niena.. makasih ya

      ada pore tightening toner & rose toner tuh. kalo masker tomat aku suka ditambahin ke ABC sleeping mask

      kalo mau praktis, tomatnya boleh tuh diblender, kasih distilled water untuk disimpan di kulkas. ya modelnya kayak liquid mask ini. nanti maskerannya bisa pakai kapas. kapasnya dicelupin terus ditempel ke seluruh muka.
      selamat mencoba ya..

      Hapus
  9. Asam jawa jg bisa dijadiin liquid mask. Clekit2 tp ok buat jerawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju.. tapi di aku asam jawa kurang tokcer sih, beda2 hasilnya di tiap orang

      Hapus
  10. Kak lintang aku mau nanya keluar topik gapapa ya? Hehe jadi aku mau nanya kak ada ngga ya bahan diy yang baik untuk weight loss? Sekalian mau usul kak, dulu kan kakak pernah buat post tentang kosmetik abal, gimana kalo kakak juga bikin post ttg suplemen ato pil diet abal juga biar nambah ilmu kak hehehe makasih ya kaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak lho yg bisa buat weight loss, salah satunya jamu kunyit asam. tapi bagusnya bikin sendiri, gulanya diganti pakai gula rendah kalori. temenku ada yg sukses lho nurunin berat badan pakai kunyit asam. lumayan menekan nafsu makan juga sih.
      oke deh, nanti aku buat postingannya..
      sama2

      Hapus
  11. hallo Lintang, aku Merry, penggemar blog kamu :) makasih resep2 diy-nya, oiya mau nanya kalo sbg sleeping mask dipakenya gimana ya?pake kapas spt mau pake toner atau..? mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai merry, salam kenal..
      ya, cara pakainya kayak toner, dengan kapas.disemprot kayak face mist juga boleh. tapi dibilas besok paginya waktu bangun tidur

      Hapus
  12. kak, aku uda buat . kata kk, paginya ada putih-putih gitu ya tapi aku gak ngerasa apa" kak. cuma terasa lebih lembab dibagian T. dulu aku pernah pake belimbing wuluh, yaampun pedih banget ganahan, skrg aku pake ini malah ga ada efek clekit-clekit gitu kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga pernah nyoba belimbing wuluh doang, malah iritasi hehehe.. memang belimbing wuluh itu harusnya diencerkan, nggak dipakai langsung.

      Hapus
  13. Ooh..trs klo pake tomat blender+air gitu bisa tahan dikulkas brp lama ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar 3 hari.. tomat cepet rusak sih..

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah