Sabtu, 13 Desember 2014

Orang yang bersyukur tidak pernah merasa kekurangan

Artikel kali ini nggak ada hubungannya dengan DIY recipes, tapi ada sedikit hubungannya dengan beauty. Ya misalnya bersyukur dengan fisik yang kita miliki. 

Saya tahu, semua orang ingin punya fisik sempurna. Munafik dong kalo ada yang ingin jadi jelek, nggak ingin punya wajah yang cantik atau ganteng. Tapi keinginan itu harus disertai dengan sikap yang realistis dan bersyukur atas apa yang kita miliki sekarang.


Seandainya ada yang nanya pada saya tentang bagian wajah yang ingin saya ubah lebih bagus, saya akan jawab kulit dan bentuk hidung. Siapa yang nggak ingin punya kulit yang halus, flawless, pori-pori kecil, bebas jerawat, flek dan kerutan? Siapa yang nggak ingin punya hidung mancung?

Tapi saya realistis, itu semua sudah ditentukan oleh genetik, nggak bisa diubah. Saya nggak bisa mengubah pori-pori saya jadi nyaris nggak kelihatan, saya nggak bisa mengubah hidung saya lebih mancung karena genotype saya memang begitu. 

Semua dibatasi oleh potensi genetik
Phenotype (karakteristik yang tampak dari luar) ditentukan oleh genotype (karakteristik genetiknya)

Perempuan itu cenderung insecure dengan penampilannya, ini memag peluang bagi industri kosmetik dan suplemen kecantikan. Sayangnya banyak perempuan yang tidak realistis, ingin mencapai apa yang di luar batas potensi genetiknya. Misalnya genotype-nya sawo matang, tapi ingin putih seperti orang Korea. Salah satu cara yang ditempuh yaitu dengan memakai kosmetik dan suplemen berbahaya.

Jujur, saya jengah dengan pertanyaan-pertanyaan di postingan Masih Jaman Ingin Putih Instan dengan Produk Gajebo? yang jenis pertanyaannya seperti ini:
"Cream merek xxx aman nggak?"
"Suplemen xxx aman nggak?"
"Kata sellernya aman, terus juga ada no. FDA nya, menurut Lintang aman nggak?"
dsb.

Saya paham mereka ingin putih, kinclong, punya kulit sempurna yang bikin lalat kepeleset, tapi coba deh dipikir, memangnya blog ini database kosmetik? Memangnya saya pegawai BPOM RI atau FDA Thailand?

Saya yakin para penanya hal-hal semacam ini juga suka menanyakan hal yang sama di forum-forum tentang beauty -- dan biasanya nggak digubris oleh member forum tersebut. Gimana mau digubris, sudah banyak orang yang mengingatkan soal bahayanya produk gajebo, tapi mereka masih nekat aja mau nyoba.


Gluta wink white lotion

Fruity white body cream
Gluta over white

Gluta all in one

Gluta Drink

Aura Glow

Saya sering ditanyai keamanan produk-produk ini. Memangnya saya database BPOM atau FDA Thai?
Daripada nyampah di blog orang lebih baik belajar jadi konsumen yang cerdas & manusia yang bersyukur

Mengapa masih ada orang yang mau menggunakan produk gajebo? Mengapa masih banyak yang tertarik untuk mencoba produk-produk yang nggak jelas keamanannya?

Jawabannya simpel : karena mereka kurang bersyukur.
Bukan karena mereka tidak cerdas.

Kita bisa jadi konsumen cerdas jika rajin baca beauty blog yang benar (bukan beauty blog yang menyesatkan) maupun gabung di forum-forum kecantikan. Biarpun udah rajin baca dan ngerti bahaya produk tersebut, orang bisa tetap penasaran dengan produk gajebo, selama mereka serakah ingin punya kulit sempurna.

Warna kulit ditentukan oleh genetik
Jangan memaksakan punya kulit putih jika kita memang bukan dari ras kulit putih

Standar "cantik" yang ingin dicapai oleh banyak orang, entah asli atau palsu

Cantik itu datang dari hati yang bersyukur dan bahagia

Banyak perempuan yang terjebak untuk tampil selalu sempurna, karena mereka pikir orang akan lebih menyukai atau menghargai mereka jika mereka punya fisik secantik model kosmetik.

Tapi percaya deh, orang itu nggak cuma melihat luarnya saja. Jika ingin disukai dan dihargai oleh orang lain, yang harus pertama kita lakukan adalah menyukai dan menghargai diri sendiri.

Terima fisik kamu apa adanya, tapi rawat dengan sebaik-baiknya. Merawat dengan sebaik-baiknya bukan berarti harus beli produk mahal yang harganya jutaan dengan rangkaian skincare yang komplit dari A sampai Z. 

Beli produk yang mahal dan komplit tentu saja boleh jika ada budget. Misalnya tidak ada, beli produk yang sesuai kantong tapi terbukti aman. Jangan sampai beli produk gajebo karena ingin hasil yang cepat tanpa budget besar.

Orang menyukai dan menghargai orang lain lebih karena sifat dan perilaku, sesuatu yang disebut inner beauty. 


Inner beauty dan outer beauty harus seimbang. Secara fisik tidak harus sempurna seperti model kosmetik, tapi terawat. Jika kamu sudah merawat fisik dengan baik dan punya inner beauty yang bagus, kecantikan itu akan terpancar ke luar.

Bersyukur itu sumber dari segala kebahagiaan. Saat kamu bersyukur dan menerima diri apa adanya, kamu nggak akan pernah merasa jelek.


Disclaimer:
Artikel ini boleh dicopy atau dikutip dengan sedikit perubahan, dengan mencantumkan link blog ini sebagai sumbernya.



50 komentar:

  1. mba ada produk kb nama nya buat kesehatan gt. itu produk kira" aman ga ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ampun deh.. memangnya blog ini database BPOM ya? hehehe
      sia2 dong aku bikin postingan ini kalo masih ada yg nanya produk abcdefg aman atau enggak

      Hapus
    2. Mba komen yg td g usah d moderasi. Kecampur kata2 facial foam wkwkwk. Ke -paste soalnya. Heran sama org2 yg nanya pertanyaan basi. Udah tau g aman masih nanya. G usah d jawab mba.

      Hapus
    3. Hahahaha sabar ka Lintang
      Mgkin dia lelah XD

      Hapus
    4. @gak gaje : hehehe makanya aku bingung kok ada ngomongin facial foam.
      nah itulah, udah tau nggak aman kenapa masih tanya. dan bertanya kepada orang yg salah. kalo nanya ke orang yg pernah pakai produk itu baru deh akurat..

      @ismi
      orang kalo nggak bersyukur jadi gampang lelah dengan nasibnya, hehehe..

      Hapus
  2. Bener banget setuju ama ini quote, "bersyukur itu sumber segala kebahagian" ^^
    Kalo udah bersyukur lalu happy, aura di wajah juga bakal beda, inner beauty nya pasti kepancar bagus, jadi tinggal outer nya aja di rawat dengan baik :D
    Liat poto2 diatas, aku juga pernah ditawarin salah satu produk diatas dengan rayuan yang super, tapi untungnya ga tertarik sama sekali
    Soalnya kalo aku pribadi, buat yang jelas2 ada BPOM nya aja belum tentu cocok apalagi yang nggak ada
    Tapi suka heran ama yang berani coba yang gajebo,nyalinya gede banget saking suka liat hasilnya yang instant

    destywidy.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul.. sikap bersyukur menimbulkan kebahagiaan. orang kalo bahagia bikin sekitarnya juga bahagia, inner beautynya juga terpancar.
      biasanya seller produk2 di atas gencar banget tuh promosinya, hati2 aja. testimoni positif kan bisa dibuat.

      betul, produk yg udah jelas no BPOMnya pun belum tentu cocok di kita, masak mau gambling dengan produk2 yg nggak jelas. muka cuma 1, kalo rusak nggak ada gantinya.

      Hapus
  3. Betul itu~~ yg penting merawat sebaik mungkin apa yg dikasih Tuhan :)

    Btw aku sbg fan baru kak lintang mau nanya nih.. (sorry ya ini oot soalnya)
    Ciri2 ga cocok pake kayu manis bubuk tuh cuma ruam merah sama kerasa panas aja ga sih? Soalnya di aku malah muncul bruntusan di muka..trus aku langsung berhenti pake itu deh.... untung skrg ilang gegara pake masker madu+kunyit... itu artinya ga cocok pake kayu manis ya? Padahal kan manfaatnya oke buat kulit :(

    Maaf ya komennya oot... thanks kak lintang~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya.. Tuhan udah memberikan yg terbaik. belum tentu lho kita bahagia misalnya kita punya wajah secantik bintang iklan.

      yg nggak cocok dengan rempah2 bisa bruntusan juga, paling parah ya muncul ruam merah itu.
      berarti kamu nggak cocok dengan kandungan cinnamaldehyde. itu ada di kayu manis &kencur. kamu harus jauhi 2 bahan itu.
      kayu manis , kunyit, jahe manfaatnya hampir sama kok.

      oke sipp.. sama2

      Hapus
  4. "Terima fisik kamu apa adanya, tapi rawat dengan sebaik-baiknya." suka banget quote itu mba^^ aku sih gak pengen seputih itu, tapi setidaknya wajah ga kusam. Oya aku sukaa deh blognya mba Lintang, inspiring dan bermanfaat sekali. Keep blogging ya mba.. Semangat!! Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, aku juga nggak pingin putih, padahal ada temenku perawat yg nawarin suntik putih dengan harga teman, hehehe..
      aku pinginnya juga nggak kusam, tapi di iklim tropis & kota besar kayaknya susah sekali menghindari kekusaman kulit
      makasih ya.. jangan bosan2 main ke blog ini

      Hapus
  5. postingan bagus kak setuju sama postingan kak Lintang ini :)
    tanpa bersyukur kadang ada juga yang uda cantik tapi gak merasa cantik :)
    oh ya kak salam kenal ya :)
    aku baru liat isi blog nya kakak dan isinya banyak hal" yang bermanfaat dan bagus :)

    Dboflola.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai lola.. salam kenal ya makasih udah liat2 isi blogku
      betul, ada orang yg cantik banget tapi merasa nggak cantik, banyak yg kayak gitu
      semoga kita semua termasuk golongan orang2 yg selalu bersyukur ya..

      Hapus
    2. amin iya kak smoga saja :)

      Hapus
  6. "para penanya hal-hal semacam ini juga suka menanyakan hal yang sama di forum-forum tentang beauty -- dan biasanya nggak digubris oleh member forum tersebut. Gimana mau digubris, sudah banyak orang yang mengingatkan soal bahayanya produk gajebo, tapi mereka masih nekat aja mau nyoba."
    waa bener bgt mbak. di forum female daily contohnya, banyak bgt yg minta review produk gaje. pdhl member lainnya udah banyak yg bahas itu gaje & dampaknya. kyknya mereka ga percaya klo belom nyoba sendiri. udah disindir2 sama member lain jg ga merasa. akal sehatnya udah ga jalan krn ngebet pingin putih LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. di female daily banyak yg nanya gitu ya? hehe.. di forum lainnya juga sama

      ada orang bijak yg bilang : keserakahan membunuh logika
      orang bisa melakukan hal2 yg berbahaya & bodoh jika udah ngebet banget

      Hapus
  7. Sist jenis kulit saya berminyak, kalo memakai pelembab atau sunscreen bikin pori - pori wajah bertambah banyak, jadi saya hanya pakai toner saja di siang hari.. apa memakai pelembab dan sunscreen itu wajib ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sunscreen wajib, kalo pelembab bisa digantikan dengan toner/sunscreen yg melembabkan.
      sunscreen memang untung2an sih milihnya. ada 1 merek yg menurut banyak orang perfect, ternyata nggak oke di kita.

      Hapus
  8. betul banget kak! Padahal sebenernya percuma juga sih kalo penampilan cantik tapi kelakuannya gak cantik. Malah lebih mengecewakan :( menurutku lebih mempesona kalo perempuan itu cantiknya dari dalam, dari cara berbicara&berperilaku, lebih berkharisma^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya betul.cantik jasmani aja nggak cukup, jiwanya juga harus cantik.
      cantik jasmani toh gampang, tinggal oplas, perawatan dll.
      sifat & perilaku nggak bisa dioplas, tapi bisa diubah jika ada niat.

      Hapus
  9. aku suka bgt baca artikel kakak yg "Masih Jaman Ingin Putih Instan dengan Produk Gajebo?"
    tmn ato tetangga ku juga byk pakai produk gajebo gini,,, kalau ditanya mereka tau itu produk bahaya tp tetep dipakai karna murah dan bikin putih... tapi putihnya mereka itu gag normal ... warna kulit wajah dgn leher dan tangan udah kayak catur :P
    dan aku perhati in mereka yg udah lama pakai produk gajebo ini wajahnya jd rusak :(
    di sinilah baru muncul rasa penyesalan mereka dan biaya yg dikeluarkan buat wajah balik normal itu mahal dan sulit...
    tp ini gag jd peringatan buat mereka yg pakai atau mau pakai buat berhenti :o padahal bukti udah didepan mata -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih rahmah..
      hehe iya, orang2 yg suka pakai krim gaje buat muka banyak yg melupakan leher & tangan, kalo dilihat udah kayak siang & malam beda warnanya.
      ya, buat mengembalikan wajah jadi normal lagi itu sulit dan mahal. tapi banyak orang yg masih tergiur dengan krim gaje, karena serakah pingin putih banget.

      Hapus
  10. Hai Kak! Mama aku tuh :'( kemarin ga sengaja bula bbm nya dia lg pesen gluta sma krim gajebo. Mau marahin mama, udh sering malah, tp malah dimarahin balik. Aku frustasi mau bilangin mama kalo itu bahaya. Aku frustasiiiiiiii #maaflebay

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh.. doakan aja mamamu, semoga segera kembali ke jalan yg benar.
      wah susah ya menasehati orang tua. sama aja kayak aku menasehati bapakku supaya berhenti merokok, susaaahh banget.

      Hapus
  11. Oiya buat tambahan, padahal mamaku itu aslinya kulitnya putih langsat. T tetep aja msh pake krim2 gajelas. Kalo berhenti langsung deh ada jerawat atau nggak mukanya merah

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang banget ya, padahal orang makin berumur biasanya kulitnya makin bermasalah, ini malah dihajar dengan produk2 gaje. kalo berhenti recovery nya pun lama.

      coba ditunjukkan aja ke mamamu tentang website/blog/forum yg memuat informasi tentang efek skincare gajebo. lebih oke lagi kalo forumnya membahas pengalaman orang2 yg berhenti dari produk gaje & cara pemulihannya. katanya di female daily ada threadnya.

      Hapus
    2. Udah pernah aku suruh baca, trus mamaku bilang, au ah males mama yg penting kulit mama bagus ga jerawatan kyk kamu. Dan aku cuma bisa...-.-"

      Hapus
    3. kamu perlu melibatkan papamu untuk membujuk mamamu tuh
      biasanya ibu2 kan nurut kalo disuruh suaminya hehehe

      Hapus
  12. Mba maaf mau nanya nih kalo masker beras+timun itu biasa nya tahan berapa hari hihi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg bentuknya bedak dingin itu ya? bisa tahan sampai 1 bulan bahkan 2 bulan kalo tempat penyimpanannya bebas lembab.

      Hapus
    2. iya .. tapi mba kalo misalkan bikin masker dari ampas timun sama beras dari sisa olahan toner diy yang beras sama timun itu masker nya tahan berapa hari ? maaf ya mba bnyk nanya maklum baru beberapa hari soalnya pake produk" Diy :D

      Hapus
    3. yg itu sih harusnya cepet dihabiskan, 1 hari udah harus habis
      soalnya kan masker basah. kecuali kalo dikeringkan..

      Hapus
  13. Kak lintang bikin DIY dry shampoo dong, kan lagi ngetrend tuuh:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. DIY dry shampoo gampang, dari bedak bayi atau tepung beras bisa.
      aku nggak berani coba dry shampoo karena kulit kepala & rambutku udah kering, jarang berminyak atau lepek. bahkan aku selalu berusaha untuk melembabkan kulit kepala &rambut.

      Hapus
  14. mba Lintang maaf kalo OOT yaa..

    cara biar jerawat purging biar cepet hilang/kempes pake ramuan diy apa ya? aku goldar A nih, katanya gak bisa pake rempah2 ya? trs aku jg gak cocok oatmeal. kira2 pake diy apa ya mba?

    makasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jerawat purging nanti juga akan hilang. jangan banyak dihajar DIY. kasih aja DIY yg ringan & sifatnya skin purifying, seperti teh. tehnya bisa dibikin toner atau face mist.
      banyak orang nggak sabar dengan jerawat purging, jadinya malah parah bekasnya.

      Hapus
  15. Kak lintang. Request review cat rambut doong :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku nggak pernah pakai cat rambut..

      Hapus
  16. girik.batukarang19 Desember 2014 11.51

    halo kak lintang. . .
    pakai santan n daun pandan aja kak byar rambut lembab kayak perawatan rambut tempo dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga sering pakai santan, tapi efek lembabnya cuma sementara.
      memang faktor genetik nih rambut&kulit kepala kering

      Hapus
    2. kalau pakai hydrator seperti madu atau gliserin atau lainnay bagaimana? sepertinya dehydrated ya kulit kepala n rambutnya?

      Hapus
    3. aku udah sering nyemprot rambut dengan DIY hair mist (ada gliserinnya juga) tapi efek lembabnya cuma sementara, hehehe.. ya sudah, genetik memang nggak bisa dilawan

      Hapus
  17. memang harus banyak bersyukur mba, semua sudah diberi kelemahan dan kelebihan masing-masing...
    mba follback aku yah http://www.mezquitta.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya.. harusnya memang bersyukur
      sayangnya banyak orang cuma fokus ke kelemahan diri sendiri, itu yg bikin mereka nggak bersyukur

      Hapus
  18. SUKAAAAAA banget sama posting mbak~. Bener banget tuh. Kalau genetik ya jangan dilawan. Bersyukur itu memang kunci bahagia. dan bahagia itu kuncinya cantik. (teori sendiri). Saya sampai capek nasehatin orang kantor supaya tidak pakai produk gajebo (alhamdulillah waktu saya tunjukin post mbak tentang produk gajebo ada satu orang yang insyaf. :D. thank you banget mbak).
    Standar cantik itu berbeda di tiap zaman, yang tidak berubah itu standar inner beauty. Be yourself, Be Happy, Be Beauty!
    Btw mbak lintang, you are beautiful :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih puspa..
      setuju, bersyukur itu memang kunci kebahagiaan. orang yg bahagia mukanya berseri2 & itu yg bikin cantik.
      wah masih untung ada 1 yg insyaf. memang susah mengembalikan orang ke jalan yg benar, hehehe..
      betul banget, standar inner beauty nggak akan berubah sepanjang masa.
      makasih puspa, semua perempuan cantik.. you're beautiful too

      Hapus
  19. Saya mau tanya , apa penyebab wajah seperti bengkak kalau bangun tidur? saya tidak pakai night cream karena banyak produk pabrik yg ga cocok tc

    BalasHapus
    Balasan
    1. gejalanya kok kayak ada kelainan metabolisme. mungkin ada masalah dengan hormon tiroid, coba periksa ke dokter

      Hapus
  20. Haloo kak lintang salam kenal :)
    Aku sukaa bgd baca blog nyaa kaka tentang DIY recipes nyaa ...
    Sama postingan kaka tentang krim pemutih gajebo ..
    Aku mw curhat nich, dlu aku pernah pake krim krim pemutih gajebo krna awal nya aku gag tw nd dlu tuch muka aku kand bnyk jerawat nya eh stelah pake krim pemutih gajebo itu jadi gag jerawatan alias mulus lahh, tapi aku pake krim malem nya ajj soalnya gag cocok sama krim siang nyaa ... tapi aku skrg dh berenti gag pake krim krim kya gtu lagi krna aku sering nge googling dan cari tau tentang krim krim yg aman atw enggak nya, bahkan suka nge cek bpom jg .. krna aku mw ngeluarin logam berat kya merkuri dsb, aku prnh nemu suplemen pemutih kulit nama nya KB (kyusoku bihaku) selain buat pemutih kulit, suplemen ini bnyk manfaat nya (yg aku baca tentang suplemen kb ini) ... aku bru konsumsi 1 kotak isi ada 60 kpsul, 30 kpsul glutathion + NAC 500 mg, 30 kpsul vitamin c roseships 500 mg .. aku nyesel bgd, dh pake pake begituan (intinya kurang bersyukur *tear) krna dh mencoba ..
    Aku mw tanya ka, untuk ngilangin merkuri dlm tubuh harus kya gmn yah ?!
    Maaf yah ka dh bnyk nanya dan jadi curhat dsini ...
    #Anjani

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai anjani.. salam kenal
      dilihat dari bahan aktifnya sih suplemen kyusoku bihaku nggak mengandung apapun yg bisa untuk mendetoks merkuri. kalo mau detoks merkuri ya pakai suplemen microalgae.

      hmm.. meskipun udah lama berhenti pakai krim merkuri kemungkinan tetep ada residu lho di dalam tubuh. coba tips detoksifikasi yg aku tulis disini : http://randomandquick.blogspot.com/2014/11/diy-detox-toner-tips-untuk-detoksifikasi.html
      suplemen microalgae juga aku sebut di situ.

      selamat mencoba ya..

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah