Selasa, 30 September 2014

DIY Hair Vitamin

Hai pembaca..

Saya punya masalah rambut kering sehingga butuh vitamin rambut. Nah masalahnya semua vitamin rambut yang dijual di pasaran selalu mengandung silikon. Silikon digunakan dalam hair products untuk memberikan efek lembut seketika, sayangnya silikon menghalangi nutrien dan kelembaban meresap ke dalam batang rambut, tentu saja silikon bukan solusi yang pas untuk problem rambut kering saya.

Daripada bingung pilih-pilih vitamin, saya lebih suka bikin sendiri. Kebetulan saya suka pakai santan sebagai masker rambut. Masker rambut favorit saya yatu santan + susu + madu, wanginya enak sekali. Sayang wanginya hilang setelah keramas. Lalu saya bikin vitamin rambut dari santan dan madu, nggak bisa dikasih susu karena bikin rambut kaku. Mau tahu vitamin rambut andalan saya? Yuk ditengok resepnya.


Minggu, 28 September 2014

DIY Vitamin C & E Serum

Halo pembaca..

Sudah lama saya pingin bikin serum vitamin C untuk menghilangkan flek hitam, sayangnya nggak bisa beli ascorbic acid secara eceran. Saya udah keliling ke berbagai toko bahan kimia di Semarang, dari Indrasari, Bratachem, sampai semua toko kimia di jalan MT Haryono nggak ada yang boleh ngecer beli 1 ons. Mereka jual ascorbic acid pro analysis grade, minimal 500 gram yang harganya hampir 300 ribu.

Akhirnya saya ikuti saran teman saya si Ribay, bikin serum dari suplemen vitamin C aja, mereknya Vitalong C. Tadinya saya pesimis, soalnya di Ribay serum vitamin C nggak ngefek. Dia bikin dari Vitalong C + air. Karena kulit saya kering, saya tambahkan vitamin E dan gliserin juga. Eh ternyata hasilnya bagus lho, padahal cara membuatnya gampang sekali. Kulit berminyak dan acne prone boleh kok pakai minyak vitamin E, tapi ada aturannya.


Selasa, 23 September 2014

DIY Rice Mung Bean Mask

Halo..


Saya suka masker beras & kacang-kacangan, bikin kulit lembut, lembab dan fresh. Sengaja saya buat masker kering supaya bisa disimpan lama. Kalo nggak mau repot bisa pakai tepung beras & tepung kacang hijau yang udah jadi, tapi memang hasilnya beda sih dengan tepung yang kita proses sendiri. Nggak percaya? Coba aja. Saya pernah pakai tepung beras Rose Brand & tepung kacang hijau (yang untuk bahan kue), hasilnya di kulit nggak sebagus buatan sendiri. 

Bikin sendiri susah nggak sih? Nggak susah kok. Gampang banget, cuma repot hehehe..



Sabtu, 20 September 2014

DIY Makeup Remover (Alcohol & Oil Free)

Halo teman-teman..

Banyak wanita suka ber-makeup, tapi nggak tahan dengan makeup remover yang mengandung alkohol. Alternatifnya adalah menggunakan cleansing oil, baik produk komersial maupun bahan alami. Tapi ternyata nggak semua orang juga tahan dengan minyak, ada yang langsung breakout setelah menggunakan minyak meskipun alami.

Awalnya saya suka menggunakan aneka minyak (olive, grapeseed, VCO, RBD coconut) sebagai bahan skincare termasuk makeup remover. Masalahnya saya ini comedo prone. Blackheads bakal tumbuh subur jika saya menggunakan skincare yang mengandung minyak, wax atau butter di muka. Sekarang saya menghindari bahan-bahan itu untuk muka, untuk badan sih nggak apa-apa.

Saya masih bertahan dengan VCO sebagai makeup remover sampai akhirnya saya menemukan DIY makeup remover ini tanpa sengaja. Awalnya saya berniat membuat toner, tapi gliserinnya kebanyakan. Ternyata bisa digunakan untuk menghapus makeup. Nah, sekarang saya share resepnya, siapa tau ada yang berminat membuatnya.

Dijamin bebas alkohol dan minyak

Selasa, 16 September 2014

DIY Black Toner

Hai..


Black toner ini adalah favorit baru saya. Baru pakai selama 1 minggu. Sebelumnya saya pakai black saccharomyces toner (black pitera / toner ketan hitam fermentasi). Berhubung harus berpergian, saya nggak bisa bawa toner DIY yang fermentasi. Akhirnya bikin toner tanpa fermentasi aja deh. Ternyata di luar kulkas 3 hari pun masih bagus.

Biarpun warnanya hitam, jangan takut hasilnya bakal bikin muka hitam permanen. Saat udah meresap, warna kulit kembali seperti semula.

Black gothic toner
Warnanya mirip jamu brotowali

Minggu, 14 September 2014

DIY Rice Honey Pore Pack

Halo pembaca..


Ada yang bermasalah dengan komedo di hidung? Saya yakin banyak yang mengalaminya. Apa metode favoritmu untuk menghilangkan komedo? Pore pack / comedo extraction / peeling? Saya lebih suka peeling karena nggak sakit & bisa benar-benar bersih. Peeling favorit saya yang DIY dong, yaitu fermented oatmeal. Tapi kalo udah nggak punya waktu, saya suka DIY rice honey pore pack, meskipun di saya hasilnya nggak sebersih fermented oatmeal.


Ya betul, itu memang tissue..

Saya yakin banyak yang udah mencoba DIY pore pack dari putih telur. Saya nggak suka pakai putih telur, dulu pernah nyoba sekali. Begitu teringat macam-macam mikroba yang saya pelajari waktu kuliah, langsung saya bilas, akhirnya nggak jadi bikin DIY pore pack. 

Telur memang bergizi tapi juga berbahaya, banyak bahan DIY selain telur

Yang hobi maskeran atau pakai pore pack putih telur, wajib tahu mikroba putih telur itu apa aja. Telur banyak mikrobanya karena saluran reproduksi & pencernaan ayam jadi 1 (= kloaka), belum lagi kandang & lingkungan peternakan yang kotor.

Rabu, 10 September 2014

DIY Aloe Vera Moisturizer Gel

Halo..

Kali ini saya mau share resep pelembab kesayangan saya. Mungkin banyak pecinta DIY yang sudah pernah membuat pelembab dari aloe vera yang diblender. Resep ini saya utak-atik sendiri berdasarkan resep yang udah umum. 

Cuaca akhir-akhir ini di daerah saya aneh. Pagi hari hingga jam 11 masih dingin tapi sinar mataharinya menyengat, lalu sore di atas jam 5 sampai pagi dingin lagi. Udaranya juga kering banget. Cuaca labil kayak gini bikin kulit dehidrasi. Saya dulu suka pakai minyak (zaitun, grapeseed, coconut) untuk pelembab. Ya, memang lembab sih tapi cuma kamuflase. Di luar kelihatan lembab tapi dalamnya kering. Minyak bukan solusi untuk kulit dehidrasi. Kulit yang dehidrasi harus ditangani dengan bahan-bahan yang water based dan dibantu agar mampu mengunci air.

Ada yang sedang mengalami masalah kulit dehidrasi? Ditengok yuk resep berikut ini!


Minggu, 07 September 2014

DIY Masker Ketan Hitam

Hai pembaca..

Di postingan sebelumnya saya janji mau share resep DIY masker ketan hitam. Masker ketan hitam itu resep tradisional Kalimantan. Saya baca di blog mbak Niyah Cahyawati bahwa wanita Kalimantan menggunakan masker dan lulur ketan hitam untuk perawatan pra nikah. Cara membuatnya simpel, beras ketan direndam lalu disangrai dan ditumbuk halus.

Karena suka rempah-rempah, saya campurkan masker ketan hitam tersebut dengan rempah-rempah. Jadilah masker rempah hitam. Seperti nama masker andalan dari merek Roro Mendut, tapi tentu aja nggak sama ya.. Roro Mendut menggunakan campuran rempah-rempah yang dirahasiakan (cuma tertulis sebagai mixed herb) dan rumput laut Gracillaria sp. Tadinya saya mau menambahkan rumput laut berupa nori kering, tapi susah sekali mencari plain nori, adanya nori yang udah berbumbu. Batal deh pakai rumput laut..



Rabu, 03 September 2014

DIY Lightening Mask : Modifikasi dari Resep Tradisional

Halo..

Saya suka banget resep-resep DIY tradisional meskipun nggak praktis. Saya terinspirasi oleh orang-orang yang setia memakai resep tradisional sehingga kulitnya masih bagus di masa tuanya. Ada seorang ibu di komplek saya, sesama pelanggan kios tempat saya beli bahan DIY. Ibu ini pernah curhat "Anak saya dikit-dikit minta duit ke bapaknya, nggak taunya buat beli kosmetik impor di online shop. Padahal sering nggak dipakai karena nggak cocok, mubazir jadinya. Terus juga suka rutin ke *** (nama klinik kecantikan). Anak saya memang boros, tapi kulitnya masih gitu-gitu aja, sering tambah parah karena gonta-ganti kosmetik. Mending kayak saya pakai bahan alami tradisional. Ngirit, hasilnya ada." 

No offense ya, itu cuma cuma curcolan ibu-ibu di komplek saya. Tapi betul lho, ibu yang curhat itu kulitnya masih bagus banget dan awet muda, padahal umurnya udah 50an. Beliau nggak pernah perawatan di klinik kecantikan apalagi pakai skincare impor, cuma pakai bahan alami, apa aja yang ada di dapur. Hmm.. semoga kulit saya beberapa puluh tahun mendatang masih kinclong kayak beliau.

Salah satu resep andalan ibu itu adalah masker beras kencur. Enak lho maskernya. Berasnya digiling sendiri. Saya modif sedikit metodenya, lalu saya tambahkan bengkoang. Jadilah lightening mask. Ada yang kepingin mencerahkan kulit dan menghilangkan flek bekas jerawat? Disimak deh resep berikut ini.