Senin, 27 Oktober 2014

DIY Toner Beras Timun

Halo pembaca..

Kali ini saya mau berbagi resep toner yang simpel. Akhir-akhir ini saya suka toner yang simpel untuk selingan toner-toner saya yang lain, tapi toner yang satu ini juga bisa difermentasi. 

Bahannya cuma air rebusan beras, air timun, ar jeruk nipis. Fungsinya apa? Banyak. Nanti dilihat aja di deskripsi ingredients ya.


Sabtu, 25 Oktober 2014

Mitos dan Fakta Seputar Madu

Halo pembaca..

Madu adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk DIY skincare. Bagi beberapa DIY lovers, madu merupakan bahan wajib dan HG (holy grail) ingredient karena sifatnya yang multifungsi dan kaya nutrisi. Namun banyak keraguan seputar madu dan seringkali timbul pertanyaan mengenai madu murni atau berkualitas baik.
Selain itu ada juga pernyataan yang membingungkan seperti "jangan mengambil madu dengan sendok logam karena madu bersifat asam dan akan menyebabkan korosi pada sendok"
Sepertinya masuk akal, tapi bagaimanakah kenyataannya? Yuk kita bahas mitos dan fakta seputar madu!


Senin, 20 Oktober 2014

Simple DIY Face Mist for Traveling

Halo pembaca..

Meskipun saya suka bikin DIY toner dan moisturizer, tapi saya nggak mungkin bawa hasil karya saya untuk traveling. DIY fermentasi dan segala DIY yang mengandung buah-buahan harus disimpan di kulkas, bisa cepat rusak jika dibawa dalam tas. Tapi saya punya resep face mist yang simpel dan nggak harus disimpan di kulkas.

Bahannya simpel, cara membuatnya juga simpel. Hanya perlu distilled water, madu, dan garam. Sebelumnya saya membuat face mist hanya dari air dan gliserin, lembab sih.. tapi nggak ada nutriennya. Jadinya saya membuat resep ini, selain melembabkan juga menutrisi kulit. Mau coba? Yuk disimak..


Jumat, 17 Oktober 2014

DIY Pore Tightening Toner

Halo pembaca..

Punya pori-pori besar itu menyebalkan ya. Selain nggak enak dilihat, pori-pori besar gampang komedoan. Saya juga punya pori-pori besar, maklumlah muka saya dulu berminyak. Saya pernah mencoba resep DIY dari seledri, timun, dan jeruk nipis untuk mengecilkan pori-pori, mungkin 2 tahun yang lalu. Saya dulu juga suka coba-coba DIY tapi belum maniak seperti sekarang. Dulu suka bikin, tapi nggak rajin pakainya. Ramuan seledri, timun jeruk nipis itu ngefek lho untuk pori-pori saya yang super besar, minyak juga lebih terkontrol.

Sekarang saya mau share resep ini, sedikit beda dengan ramuan saya yang dulu. Sekarang saya tambah aloe vera supaya lebih berkhasiat, selain itu juga bisa digunakan untuk kulit kering. Silahkan mencoba, tapi perlu kesabaran dan kedisiplinan dalam pemakaiannya. Ini bukan ramuan ajaib yang bisa mengecilkan pori-pori dalam sekali pakai.

Hulk toner (karena warnanya hijau)

Selasa, 14 Oktober 2014

DIY Masker Pisang Rempah

Halo pembaca..

Kulit saya gampang banget kusam di musim kemarau ini gara-gara debu dan sinar matahari terik, belum lagi polusinya. Jadi tiap hari saya maskeran, tapi maskernya gonta-ganti supaya ada variasi nutrien. Buah dan sayur yang ada di kulkas bisa jadi bahan masker, tapi buah yang paling oke hasilnya di kulit saya adalah pisang. Saya sering bikin masker pisang. Selain masker pisang madu + vitamin E, saya suka masker pisang rempah. Efektif banget menghilangkan kusam, juga menyembuhkan jerawat. Efek cerahnya nggak kalah dengan oat, mungkin teman-teman yang alergi gluten dan nggak bisa pakai masker oat bisa mencobanya.


Minggu, 12 Oktober 2014

DIY Deodorant Spray

Hai hai..

Dari dulu saya paling malas pakai deodorant buatan pabrik, soalnya deodorant sering meninggalkan noda, lengket, bikin iritasi kulit dan ketiak tambah hitam. Jaman sekarang deodorant udah ada yang varian whitening, anti iritasi, bahkan "tidak meninggalkan noda kuning di baju putih maupun noda putih di baju hitam"

Tapi saya tetap nggak tertarik dengan deodorant, soalnya takut. Deodorant diindikasikan memicu kanker payudara.


Jumat, 10 Oktober 2014

DIY Daily Pore Cleanser

Halo teman-teman..


Banyak orang yang bertanya pada saya, DIY cleanser itu beneran bisa membersihkan wajah atau tidak. Saya nggak usah menjelaskan panjang lebar secara lisan *paling juga nggak didengerin*, cukup dengan postingan ini.

Sebenarnya banyak DIY cleanser yang jadi favorit saya, tapi resep kali ini saya suka banget karena gampang dibuat. Nggak usah menggiling beras, nggak usah menyangrai, nggak usah menjemur. Cukup dicampur-campur. Biarpun simpel tapi hasilnya efektif untuk saya. Mau ikut bikin? Ini dia resepnya..


Selasa, 07 Oktober 2014

Amankah Ragi Roti untuk Wajah?

Halo pembaca..

Hmm.. perdebatan soal ragi roti untuk wajah ternyata masih belum surut. Masih banyak orang yang meragukan khasiat ragi roti untuk kulit, karena di pikiran mereka "ragi = jamur = parasit = berbahaya"

Ragi apa dulu nih? Ragi banyak lho jenisnya..


Yang pathogen itulah yang berbahaya