Minggu, 11 Januari 2015

Clean n Clear Clear Fairness Moisturizer SPF 15

Hai pembaca..

Sudah lama saya nggak mereview produk. Yang menunggu resep DIY skincare, tenang aja sudah saya siapkan. Masih dalam tahap uji coba, makanya belum bisa direview.

Kali ini saya mau mereview pelembab dari brand untuk remaja *berlagak nggak ingat umur*. Dulu waktu masih kuliah (umur masih belasan tahun) saya pakai pelembab ini. Sekarang saya lebih banyak pakai DIY skincare, bikin sendiri dong dari bahan-bahan alami. Tapi ada kalanya saya nggak sempat bikin. Misalnya waktu menginap di luar kota, kan DIY terkendala dengan masa simpannya. Pergi sehari-dua hari masih bisa pakai DIY, kalo seminggu? Akhirnya saya beli pelembab yang paling cocok dengan kulit saya dulu. Efeknya masih sama di muka saya sekarang, syukurlah..

Para pembaca yang masih remaja yuk baca reviewnya..



Harga
Kayaknya sih sekitar Rp 25.000 untuk yang netto 50 ml. 

Packaging
Desain botolnya simpel, mungkin kalian yang suka desain cute kurang suka. Dari dulu desainnya begitu terus, tapi saya suka. Nggak aneh-aneh, terutama bagian tutupnya. Clean n Clear cukup pintar membuat desain tutup ulir. Bayangkan jika tutupnya model flip top, pasti gampang terbuka kalo dibawa travelling. Lubang botolnya kecil, pas banget lotion yang keluar nggak kebanyakan. Botolnya anti bocor, cocok buat dibawa kemana-mana.

Botolnya mungil, padahal isinya 50 ml

Tutupnya ulir, botol anti bocor

Tekstur dan Warna
Teksturnya lotion yang nggak terlalu cair, mudah dibaurkan, mudah meresap dan nggak meninggalkan kesan berminyak atau licin. 

Lotionnya berwarna putih. Jika sudah dibaurkan ke kulit, kulit terlihat sedikit putih (white cast) dan glowy karena kandungan physical sunscreen yang memantulkan cahaya.



Ada sedikit white cast
Setelah di-blend sama sekali nggak berminyak dan nggak licin

Aroma 
Wanginya segar dan nggak berlebihan, nggak bikin pusing. Bukan aroma cherry sih, tapi yang pasti wanginya segar.


Klaim Produk

Nggak kelihatan ya tulisannya? Saya tuliskan deh..

"CLEAN & CLEAR clear fairness moisturizer dengan formula inovatif, menjadikan wajah cerah berseri, dan oil-free lotion berbahan dasar air menjaga pori-pori wajah tetap bersih. Formula yang kaya vitamin dan cherry extract membantu menampilkan kulit cerah berseri. Oil control system dengan PureRice yang unik membuat wajah cerahmu tampak bersih dari minyak lebih lama, sementara SPF 15 melindungi kulit dari sinar matahari. Wajah terlihat lebih cerah berseri dan tampak bersih dari minyak jauh lebih lama."

Wah, kedengarannya menjanjikan ya? Terutama untuk adik-adik remaja yang baru puber dan punya problem kulit oily. Tapi apa benar bisa sesuai klaimnya? Kita lihat dulu ingredientsnya.

Ingredients

Ingredientsnya panjang sekali :
  1. water
  2. ethylhexyl methoxycinnamate
  3. propylene glycol
  4. C12-15 alkyl benzoate
  5. silica
  6. titanium dioxide
  7. cetyl alcohol
  8. stearic acid
  9. glycerin
  10. stearyl alcohol
  11. glyceryl stearate
  12. propylene glycol isostearate
  13. phenoxyethanol
  14. dimethicone
  15. bis-ethylhexyloxyphenol methoxyphenyl triazine
  16. ethylhexylglycerin
  17. PEG-100 stearate
  18. salicylic acid
  19. aluminium starch octenylsuccinate
  20. sodium isostearoyl lactylate
  21. sodium hydroxide
  22. bisabolol
  23. fragrance
  24. methylparaben
  25. acrylates/C10-30 alkyl acrylate crosspolymer
  26. carbomer
  27. niacinamide (vitamin B3)
  28. alumina
  29. disodium EDTA
  30. propylparaben
  31. butylene glycol
  32. ethylparaben
  33. ascorbyl glucoside (sejenis vitamin C yang sifatnya stabil)
  34. Oryza sativa  (rice) seed protein
  35. tocopheryl acetate (vitamin E)
  36. Portulaca oleracea extract
  37. Citrus grandis (grapefruit) fruit extract
  38. Prunus cerasus (bitter cherry)fruit extract
  39. Cl 17200

Jangan kaget ya melihat banyaknya ingredients. Rata-rata produk Johnson & Johnson gitu. Coba tengok Johnson & Johnson baby lotion deh.. lumayan banyak juga bahan kimianya.

PENGAWET

Pengawetnya ada 4 macam, yaitu phenoxyethanol, methylparaben, propylparaben, ethylparaben. Yang punya kulit sensitif ada baiknya menghindari golongan pengawet ini. Phenoxyethanol terkenal irritant. Saat kulit saya sedang super kering sampai mengelupas, saya nggak betah pakai produk yang mengandung phenoxyethanol, perih luar biasa!

Paraben terkenal punya reputasi buruk, tapi sebaiknya kalian baca dulu postingan saya tentang paraben supaya nggak paranoid dulu sebelum tahu seluk-beluknya.

SUNSCREEN

Sunscreen dalam lotion ini ada 2 macam, yaitu chemical & physical sunscreen. Yang chemical adalah ethylhexyl methoxycinnamate sebagai anti UV B, cara kerjanya dengan menyerap sinar UV B dan mengurangi panjang gelombangnya sehingga tidak terlalu berbahaya bagi kulit. Yang physical adalah titanium dioxide, merupakan broadspectrum sunscreen yang dapat memantulkan sinar UV A dan UV B sehingga tidak dapat terserap ke kulit. 

Physical sunscreen biasanya menyebabkan white cast, yaitu efek kulit kelihatan putih. Bukan cerah, tapi beneran kayak ditempeli sesuatu yang putih, soalnya sifatnya memantulkan cahaya.

OIL FREE

Memang sih, pelembab ini oil free. Nggak lihat ada kata oil kan? Tapi tetap aja mengandung beberapa bahan yang sifatnya mild to medium comedogenic. Ada stearic acid, silica, dimethicone, glyceryl stearate, PEG-100 stearate, propylene glycol isostearate. 

Yang punya kulit comedo prone & pori-pori besar jangan kaget kalo komedonya bertambah atau pori-porinya tambah besar. Saya sendiri untungnya tidak mengalami penambahan jumlah komedo atau ukuran pori-pori, mungkin karena saya rajin peeling. Teman kuliah saya dulu bilang pori-porinya tambah besar sejak pakai pelembab ini. Makanya rajin peeling itu penting. 

BAHAN ALAMI

Kandungan bahan alaminya bagus sih. Ada rice protein, portulaca, grapefruit, dan bitter cherry. 


Rice protein selain bisa mencerahkan kulit juga bisa mengontrol sekresi sebum (minyak wajah). Rice protein memang jadi bahan andalannya Clean n Clear, nggak hanya di lotionnya tapi juga di facial foamnya.  Saya sendiri sudah membuktikan di berbagai resep DIY, beras memang jagoan untuk urusan oil control.


Portulaca oleracea

Portulaca oleracea (wild portulaca) bermanfaat dalam skin lightening dan anti wrinkle. Kandungan omega-3, asam amino, dan asam lemaknya tinggi, bagus untuk regenerasi kulit. Sifatnya juga astringent, bisa mengontrol sekresi sebum.

Citrus grandis

Citrus grandis (grapefruit) extract terkenal untuk skin lightening karena kandungan antioksidannya yang melimpah, yaitu lycopene, beta carotene, xanthin, lutein (semuanya golongan vitamin A), vitamin C, dan flavonoid (naringenin & naringin), serta vitamin B kompleks. Nggak hanya untuk skin lightening, tapi juga sangat bagus untuk anti aging.

Prunus cerasus

Prunus cerasus (bitter cherry) juga mengandung antioksidan yang istimewa, yaitu vitamin A, C, anthocyanin, dan polifenol. Jadi tidak hanya bermanfaat untuk skin lightening, tapi juga anti aging.

KANDUNGAN LAINNYA

Moisturizer ini mengandung bisabolol sebagai anti iritasi, sifatnya menenangkan kulit. Selain itu juga mengandung salicylic acid yang berfungsi sebagai oil control.

Efeknya di Kulit Saya

Ini adalah pelembab pertama saya, efeknya bisa kalian lihat di postingan "I wasn't born as a beautiful girl" (silahkan cari sendiri, nggak saya kasih link, hehehe...). Yang pasti muka saya dulu buluk banget, dan jadi agak cerah sejak pakai pelembab ini. Cerahnya manusiawi lho, bukan kayak kena krim pemutih gajebo.

Seingat saya, dulu oil control Clean n Clear ini nggak bagus-bagus amat. Yang punya muka super oily jangan terlalu berharap banyak deh.

Sudah lama saya nggak pakai pelembab ini, mulai pakai lagi sebulan terakhir. Asal tau saja, dulu muka saya memang tipenya oily, sekarang jadi dry *pengaruh usia mungkin ya*

Untuk kulit kering, pelembab ini lumayan menghidrasi. Tapi hanya beberapa jam di awal pemakaian, setelah seharian kerja di ruang AC kulit saya jadi kering kerontang. Pelembab ini tidak mampu melawan keringnya ruang berAC, saya tetap prefer DIY face mist yang mengandung gliserin. Oya, pelembab ini benar-benar tidak ramah di kulit saya waktu kulit sedang kering banget, rasanya perih, mungkin karena kandungan phenoxyethanol dan parfumnya.

Meskipun nggak terlalu membantu, saya tetap suka pelembab ini. Nggak bikin saya breakout, ada efek mencerahkan, nggak bikin muka saya kucel berminyak.

(+) Bisa mencerahkan kulit
(+) Mengandung sunscreen
(+) Formula bebas minyak, ringan di kulit (tanpa rasa lengket atau greasy)

(-) Banyak banget bahan kimianya
(-) Oil control biasa aja
(-) Moisturizing effect biasa aja

Cocok untuk :
Remaja di atas umur 11 tahun
Kulit normal to oily (bukan yang super oily, bukan yang berjerawat)

Saran :
Imbangi dengan rajin peeling (2 kali seminggu) supaya pori-pori tidak tersumbat atau membesar. Soalnya pelembab ini tidak benar-benar bebas dari bahan-bahan comedogenic.

Sekian reviewnya. Semoga membantu ya..

Referensi :

DISCLAIMER :
  • Review dibuat berdasarkan pengalaman pribadi, hasilnya dapat berbeda-beda di tiap orang
  • Artikel ini boleh dicopy atau dikutip dengan sedikit perubahan, dengan mencantumkan link blog ini sebagai sumbernya


32 komentar:

  1. Hai Ka Lintang salam kenal saya Lia. udah lama nih baca2 di blognya kakak malah blog ini jadi blog favorit :D Pengen ikut DIY tapi suka males *memang penyakit yang ga sembuh-sembuh* waktu itu udah niat buat yang dr rumput laut eh malah ga ketemu rumput lautnya. Ka Lintang kulit wajahku masuk golongan kulit kering menurutku tapi ko lumayan banyak jerawat sama whiteheadsnya ya? Maaf ya kak jadi curhat hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Lia.. makasih ya udah baca blogku
      hahaha DIY emang butuh niat & usaha.
      banyak kok orang yg kulitnya kering tapi berjerawat & berkomedo, itu karena kulitnya dehidrasi. kering di luar, tapi berminyak di dalam. harusnya pakai pelembab yg bebas minyak tapi ampuh untuk menghidrasi kulit.

      kulit berjerawat nggak selalu identik dengan minyak. itu karena pH kulit terlalu tinggi (normalnya pH 5.5). kalo pH kulit ketinggian (basa) harus pakai skincare yg cenderung asam (pH nya rendah) untuk menyeimbangkan. sabun mukanya harus yg bebas detergen (sodium lauryl sulfate).

      Hapus
  2. Yah, spf nya 15... kurang buat aku yg pengendara motor..hehe.. aku sekarang cocok yg skin aqua 30spf.. ringan,sih,tapi agak oily, jadinya aku tap-tap lagi pake bedak bayi..hehe, sun block emang penting tuh, bisa gawat kalo kena efek negatif uv matahari -_-

    Nice post, ditunggu resep diy lainnya ya..yg aman dan murah meriah pastinya
    .hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini pelembab buat orang yang jarang kena cahaya matahari hahaha..
      betul, kalo nggak pakai sunblock bahaya. kalo jadi gelap doang sih masih mending, yg nggak enak kalo jadi premature aging.

      iya.. udah disiapin resepnya. cuma susah nyari waktu buat ngeblog hehehe

      Hapus
  3. mbak gak pake home snow fanishing cream lagi? atau gizi super krim?
    gizi ada kemasan baru katanya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. home vanishing cream susah nyarinya disini, padahal di semarang aku sering nemu.
      gizi super cream aku nggak pingin nyoba yg formula baru, lebih banyak bahan kimianya daripada yg formula lama. padahal aku suka gizi yg formula lama.

      Hapus
  4. kak beli pelembab ini dimana sih?-_- aku salah satu pecinta produk clean n clear tapi nyari pelembab ini susah bgt dikotaku,di hypermart ga ada di indomaret apalagi,maaf yah saya anon

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah sering liat di indomaret nih.. di hypermart sering gitu, pelembab yg gampang dicari di minimarketmalah sering nggak ada di hypermart

      Hapus
  5. kak kalo ngilangin beruntusan disekitar hidung gimana yaa? Suka ada komedo putih juga disitu. Udah mulai ada rasa malu nih kak:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku suka pakai peeling dari ampas teh. ada juga yg suka pakai rempah2 atau beras. didiamkan di hidung, 20 menit kemudian baru digosok.

      Hapus
  6. Ada ga bahan alami untuk peeling? Setiap wajah di kasih pelembab mengandung minyak atau pelembab pabrik (bukan abal abal atau dokter kenalan siapa gitu....) pori pori jadi keliatan..jadi males pake pelembab..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada banyak.. yg kasar2 kayak beras sangrai ditumbuk. kopi atau teh. itu bisa buat peeling.
      dari buah juga bisa. misalnya pepaya dicampur sedikit garam. pakai madu yg dicampur garam juga bisa. kulit jadi bersih tapi tetap lembab.

      Hapus
  7. mba kira-kira untuk kulit oily & acne prone pelembab yg cocok apa ya? saya pakai skin aqua, cocok sih, cuma nyarinya susah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo cocok pakai 1 pelembab ya dilanjutin aja. misalnya susah nyarinya, waktu beli sekalian beli banyak. borong aja buat persediaan selama expired date nya masih jauh hehehe.. daripada coba2 yg lain malah breakout kan repot

      Hapus
  8. dulu aku juga pake ini jaman SD :D
    btw Mba, blognya udah aku follow yah ^^ suka banget sama konten di blog ini, resep2 DIY skincarenya membantu bangeet buat improve kulit aku, makasii Mba Lintang ^^

    Fairuz Inas
    http://fairinas.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku waktu SD belum kenal sama skincare hahaha..
      makasih Inas.. semoga aku makin sering update blog, udah lama nggak ngeblog nih

      Hapus
  9. Awal kuliah aku juga pake ini. Tapi di kulitku greasy gitu jatuhnya. Mungkin karena dulu kulitku berminyak.. *komen sambil nungguin resep DIY terbaru* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalo kulit berminyak banget pelembab ini sama sekali nggak membantu.
      hehe oke deh.. ntar aku posting resep barunya

      Hapus
  10. mbak maaf ya kalo ooy
    mau tanya, kalo yang toner2 DIY di blog mbak ini cara pakainya boleh dimasuki ke nano spray nggak??
    terus apa aman kalo satu alat nano spray dimasuki macam2 toner (bergantian bukan di camput)?? dan apakah harus dibersihkan dulu nano spraynya atau bisa langsung masuki aja varian baru toonernya? dan misal dimasukkan dalam nano spray amannya maksimal boleh brp kali semprot ya mbak dalam sehari?
    maaf banyak tanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. toner2 yg aku bikin kan cenderung asam ya, takutnya nanti malah merusak alat nano spray nya, kan sayang.
      lebih baik dimasukin ke botol spray plastik, buat semprot2 muka masih oke kok.. asalkan disemprot di wajah yg bersih (habis cuci muka) jangan ke wajah yg full make up atau debu & keringat.

      Hapus
  11. Aku pernah pake ini juga, tp kayaknya kurang cocok soalnya bikin aku agak bruntusan. Tp lg pengen cobain hadalabo sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba aja.. cari produk yg cocok itu emang harus trial & error

      Hapus
  12. Kak lintanggg.. Akhirnya ada product review juga..Jujur..sy kurang cocok produk2nya clean&clear. Emang sih mayan matte..2jam lah,tp bikin beruntusan mulu..padahal double cleansing. Cleansernya jg sy ga cocok..huu.hhuu..emg ga jodoh ma clean&clear..

    Oya, kl baby lotion d pake k muka, boleh ga yah kak? Atau ada alternatif hidrasi utk yg super oily, sensitif, beruntusan prone..? Sy selama ini pake face mist aja..reapply tiap 2jam..kl terhidrasi, muka sy bisa less oily less kucel. Tp kalo travelling suka lupa spray..alhasil muka kucel.. Blom nemu moisturizer yg matte tahan cukup lama 6jam jg boleh dehhh & cocok :(
    -silvi-

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah kalo nggak jodoh mau digimanain lagi, hehehe...

      jangan baby lotion deh, itu banyak mengandung bahan yg nyumbat pori. bukannya nakut2in, tapi kenyataannya emang ingredients baby lotion nggak bagus buat yg kulitnya super oily & gampang bruntusan.

      selamat mencari jodoh kulit yg cocok..

      Hapus
  13. nunggu diy :)))

    BalasHapus
  14. Kak klo kulit berminyak pke ini kumel ga klo terpapar sinar mthari ??dbalas yoo makasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kalo oily parah ntar jadi kumal juga sih

      Hapus
  15. Kak..ada rencana bahas oil oilan gak? Pakai essential oil yg di dilute d oil lagi untuk wajah gitu (untuk anti aging, acne healing, moisturizing, etc)? -silvi-

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..aku nggak terlalu hobi pakai oil. nggak cocok buat aku yg banyak kerja di outdoor

      Hapus
  16. haloo mbag lintang.. mbag ijin copas beberapa artikel ya tar aku taruh source nya. sekalian mbak pengen review blog ini di blog ku..

    gak pernah nyoba produk clear n clear ini. tau nyoba facial foamnya tapi gak cocok rasanya pliket. btw tanaman Portulaca oleracea kok kayak rumput di depan rumah ya? sering cabut rumput jadi sering ketemu. kadang kala di sini sebutannya bunga jam 9 ato 10 soal nya jam segitu biasanya bunganya mekar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo uli.. iya, silahkan. kalo dikasih sumbernya kan aku jadi tenang hehehe

      aku juga sering lihat tanaman yg mirip itu. tapi nggak yakin bener itu Portulaca atau bukan. kadang kambing suka makan itu..

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah