Jumat, 02 Januari 2015

DIY Nutritious Peeling Mask (for Face and Body)

Halo pembaca..

Selamat Natal dan Tahun Baru ya.. Liburan ke mana aja nih? Pasti asyik ya jalan-jalan. Sebelumnya saya minta maaf karena jarang posting, lama membalas komentar dan email. Terkendala waktu sih, saat punya waktu malah internetnya yang bermasalah.

Kali ini saya mau berbagi resep baru, masker peeling yang gizinya lengkap. Masker ini bisa dibawa travelling, bikinnya pun gampang banget. Siapa bilang DIY itu selalu ribet? Untuk orang sok sibuk seperti saya, DIY yang praktis itu sangat membantu.


Bahan :

Bubur bayi instan ................... 3 sdm
Kopi bubuk ........................... 1 sdm
Garam dapur ......................... 1 sdt


Cara membuat :

1. Ambil 3 sendok makan bubur bayi instan.


2. Tambahkan  1 sendok makan kopi bubuk.


3. Tambahkan 1 sendok teh garam dapur.


4. Aduk rata, simpan di tempat rapat (misalnya di kantong plastik klip atau di toples).


Cara penggunaan :

Ambil secukupnya, lalu tambahkan dengan air dan diaduk sehingga membentuk pasta. Pijatkan ke wajah atau bagian badan yang lain. Biarkan selama 5 - 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Boleh menggunakan facial foam & sabun lagi, boleh juga tidak.

Setelah dicampur air, airnya nggak perlu banyak-banyak

Contoh penggunaan di tangan sebagai body scrub

Review 

Saya kurang suka menggunakannya di muka, muka saya jadi cepat kucel. Mungkin karena bubur bayi mengandung susu. Saya kurang cocok dengan susu untuk skincare. Nggak jerawatan sih, tapi muka jadi cepat kusam (golongan darah O banyak yang nggak cocok dengan susu). Tapi memang sebagai masker dan peeling, bubur bayi oke banget untuk melembabkan dan mengenyalkan wajah. Kan gizinya banyak.

Saya lebih suka menggunakannya sebagai body scrub, kulit tangan dan kaki jadi lembab dan halus, bahkan saya nggak perlu pakai body lotion lagi setelahnya. Dengan catatan setelah dibilas jangan diulang dengan sabun ya, kalo dikasih sabun lagi sama aja rasanya kering.

Resep ini bukan favorit saya untuk dipakai di muka, tapi untuk badan favorit banget! Sayangnya nggak terlalu ekonomis untuk dipakai di badan, hehehe..

(+) Melembabkan dan mengenyalkan kulit, tanpa body lotion kulitpun kulit saya sudah cukup lembab
(+) Ampuh sebagai body scrub, kulit badan langsung terasa bersih dan halus 

(-) Kurang cocok untuk muka saya (karena mengandung susu)
(-) Meskipun hasilnya bagus, rasanya kurang ekonomis jika dipakai sehari-hari di badan 

Bikin lagi? Ya, sesekali boleh deh untuk variasi resep body scrub

Tentang Ingredients

Secara umum, bubur bayi merek "SUN" ini ingredientsnya oke. 

Komposisi : beras, tepung gandum, beras merah, gula, kacang merah, susu bubuk skim, minyak nabati (mengandung antioksidan L-askorbil palmitat dan alfa tokoferol), frukto oligosakarida, lisin, premiks vitamin, premiks mineral, DHA (mengandung campuran antioksidan tokoferol, L-askorbil palmitat).

Saya peringatkan bagi yang punya golongan darah O dan B, jangan kaget jika kalian nggak cocok dengan resep ini. Ada susu dan minyak nabati yang kurang baik untuk kalian yang bergolongan darah O. Ada gandum, beras, dan kacang merah yang kurang baik untuk kalian yang bergolongan darah B.

Vitamin yang dikandung dalam bubur SUN ini lengkap, antara lain vitamin A, D, E, K, C, B1, B2, B6, B12, niasin, asam folat, dan asam pantotenat. Kandungan mineralnya ada kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, seng, dan yodium.

Bubur bayi cocok untuk menutrisi kulit yang sangat kering dan kulit aging. Kandungan vitamin B nya tinggi, terutama vitamin B12 (tertulis kandungannya 100% vitamin B12). vitamin B12 bermanfaat untuk mengatasi hiperpigmentasi, meningkatkan metabolisme sel-sel kulit sehingga cepat mengalami regenerasi. Jika sel-sel kulit cepat beregenerasi, kulit cepat mengalami pemulihan (misalnya dari bekas jerawat, dehidrasi, dsb).

Lalu kenapa saya pilih kopi? Kopi mengandung kafein sebagai antioksidan, sangat baik untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini seperti kulit kering, kendur, timbul garis halus, dan kantong mata.

Kopi juga punya sifat purifikasi, sangat baik untuk peeling. Tapi gunakan kopi bubuk (kopi tubruk), bukan kopi instan. 

Sekian resep kali ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Disclaimer :
  • Review dibuat berdasarkan pengalaman pribadi. Hasilnya dapat bervariasi di tiap orang, tergantung jenis dan kondisi kulit, golongan darah, kecocokan terhadap bahan.
  • Artikel ini dapat dicopy atau dikutip dengan sedikit perubahan, dengan mencantumkan link blog ini sebagai sumbernya.

10 komentar:

  1. Wah saya baru tau kalo makana baby bisa buat wajah :) .
    Saya mau tanya.. kalau pakai masker itu harus sore hari ya?
    Buah - buahan citrus tidak bisa dipakai untuk siang ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, memang bisa, sangat bergizi & bahan kimianya nggak banyak.
      maskeran bisa sore/pagi/siang/malam. tergantung bahannya. kalo bahannya membuat kulit fotosensitif (misal buah2an asam, bahan yg sifatnya basa, rempah2) jangan dipakai di pagi/siang hari.
      tapi kalo tiap hari cuma di rumah, nggak pernah keluar siang2 boleh aja sih maskeran jeruk siang hari.

      Hapus
  2. Kalo kulit saya kurang cocok dengan kopi.. bisa di ganti bahan lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..bisa diganti teh bubuk, atau rempah2

      Hapus
  3. Hi Mbak Lintang, nama saya Janet. Maaf kalo post-nya pakai anonim. Maaf juga karena nanya yang gak ada hubungannya dengan post ini. Saya lagi buat serum vit C & E. Repot banget waktu menghaluskan butiran vit C-nya. Selalu gak halus. Pertanyaannya boleh gak vit C-nya diganti dengan perasan jeruk nipis? Thanks Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. serum vit C kalo mau diganti dengan jeruk nipis boleh2 aja. tapi bikinnya dadakan (nggak boleh dicampur untuk disimpan). sekali bikin harus habis. yg optimal 1 tetes jeruk dikasih 1 sdt distilled water & 1 tetes vit E

      Hapus
  4. haloo ka cantikk mau tanya dong tau ga produk untuk ngilangin mata panda+kantung mata? atau kaka pernah bikin diy nya? aku newbie nih liat blog kaka belum aku stalk smp bawah heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo dek..kalo DIY coba aja kompres kantong mata dengan air kopi/air seduhan teh hitam. boleh juga dicampur jus timun. buat ngompres 30 menit sehari. paling bagus sih mengompresnya sebelum tidur/sesudah bangun pagi

      Hapus
  5. Hai kak aku ovira. Mau nanya ya, Skincare regimeku skrg; cumuk pake kojiesan, toner melanox yg the art of antioxidant dan sunblock pabanox. Hasil rekomendasi dr mbak2 di guardian. Alhamdulillah jerawat kalem bgt dan bersihan cuma rada bopeng tp bopeng alus gitu. Ice pick scar ya namanya? Kalo buat ice pick scar rajin peeling pake peeling mundisari baik ga sih? Takutnya kulit jd terstimulasi bgt dan malah jerawatan lagi. Kalo peeling bagusnya brp kali sebulan? Aku 17thn. Masih bisa ilang ga ya bopengnya? Kalo harus demabrasi2 gitu kan mahal T.T Terimakasih ya sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo ovira.. waktu SMA aku juga punya banyak ice pick scar. rajin peeling boleh2 aja, tapi nggosoknya jangan terlalu semangat, pelan aja. seminggu sekali kayaknya cukup. imbangi dengan konsumsi kolagen yg banyak.

      trus aku baru nyadar ternyata ngolesin vit A bisa cepet mengurangi ice pick scar. aku dulu sering maskeran pepaya juga waktu awal2 kuliah.

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah